• Bahasa

Di Momen Haornas 2022, KORMI Kabupaten Garut Gelar Festival Olahraga Tradisional

9 Sep 2022 Hanapi 341

GARUT, Tarogong Kidul - Bupati Garut, Rudy Gunawan, membuka secara resmi Festival Olahraga Tradisional dalam rangka Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke - 39 Tahun 2022 yang digagas oleh Komite Olahraga dan Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Sarana Olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Jum'at (9/9/2022).

Kegiatan Festival Olahraga Tradisional ini, diawali dengan gowes sehat bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, dengan titik awal (start) di area Pendopo Garut dan titik akhir (finish) di area SOR R.A.A Adiwijaya. Dalam gowes ini, Bupati Garut terlibat langsung menjadi peserta gowes bersama dengan perwakilan peserta dari SKPD Pemkab Garut.



Kegiatan selanjutnya dilakukan senam massal, Bupati Garut, Rudy Gunawan beserta istri, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman beserta istri, hingga masyarakat yang didominasi oleh ibu-ibu, menambah kemeriahan acara tersebut, terlebih di area tersebut berjejer kuliner khas Garut.

Bupati Garut mengatakan, pihaknya akan mengembangkan kegiatan olahraga masyarakat sebagai bagian dari budaya masyarakat Kabupaten Garut.



"Tapi budaya olahraga itu juga ada di masyarakat, senam tera (atau) apa, yang tidak memerlukan satu situasi umur, misalnya umur mau 80 tahun nggak apa-apa, tapi kalau atlet yang di Pak Syakur (KONI) kan paling 30 tahun, jadi kalau bergembira itu makanya saya kasih hadiah kepada mereka yang usianya 80 tahun, 75 tahun gitu, kenapa? karena bergembira dihari tua bersama (dengan) olahraga, mantap itu ya," katanya.

Ia mengungkapkan dalam momentum Haornas Tahun 2022 ini, perkembangan olahraga di Kabupaten Garut mengalami perkembangan, khususnya dari sisi pembinaan secara struktural yaitu infrastruktur.



"Ini yang (olahraga) prestasi kita juga bagus ya, artinya ada perkembangan dari sisi pembinaan secara struktural yaitu infrastruktur, jadi mau bagaimana kita berlatih renang kolam renangnya tidak ada, kita altetik (juga sekarang) sudah (bertaraf) internasional ini ya. Jadi kita ada kemajuan insya Allah lah kita akan buktikan di Porprov ini," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua KORMI Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, menuturkan pelaksanaan Festival Olahraga Tradisional akan dilakukan selama 3 hari berturut-turut dari mulai hari ini 9 September 2022 hingga Minggu 11 September 2022 nanti.



"Pada hari ini kita telah melaksanakan gowes dan senam bersama, jadi senam ini akan terus berganti-ganti oleh INORGA (Induk Olahraga) yang ada di KORMI, juga gowes pada pagi hari ini diikuti oleh semua SKPD yang ada di Kabupaten Garut, dan juga berupa senam dari beberapa INORGA Olahraga kesehatan, dan kebugaran," tuturnya.

Sementara untuk olahraga tradisional, imbuh Diah, akan ada 5 cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan yakni Hadang, Egrang, Dagongan, Sumpitan, dan Tarumpah Panjang.



"Nah, inilah olahraga tradisional yang akan kita lakukan, selama 2 hari ke depan, dengan sasaran peserta para pelajar atau SMP sederajat, ini Alhamdulillah 42 kecamatan sudah siap untuk melakukan pertandingan pada esok hari," tutur Diah.

Dalam kesempatan ini juga, Ketua KORMI Kabupaten Garut menyebutkan jika pihaknya akan memberikan uang prmbinaan kepada 13 INORGA yang telah bergabung di dalam KORMI Kabupaten Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT