• Bahasa

Di Momen Hari Koperasi ke-75, Bupati Garut Ajak Insan Koperasi Untuk Tumbuh Kembangkan Koperasi

12 Jul 2022 Hanapi 301

GARUT, Cikajang – Di moment Hari Koperasi ke-75, Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengajak kepada para insan koperasi untuk tumbuh dan berkembang.  Kepada para insan untuk menjadikan gerakan koperasi sebagai sarana untuk memperkuat posisi ekonomi baik untuk para individu, kelompok, maupun pemerintah.

“Karena koperasi pada intinya adalah sekumpulan orang mendirikan sesuatu kegiatan usaha dengan tujuan bersama untuk kesejahteraan bersama, itu prinsip dari koperasi itu adalah dari anggota untuk anggota dan oleh anggota,” ucapnya dalam sambutan pada acara Peringatan Hari Koperasi ke-75 Tingkat Kabupaten Garut Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Koperasi Peternak Garut Selatan (KPGS) Cikajang, Jalan Raya Cikajang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Selasa (12/7/2022).



Bupati Garut menuturkan, sebelumnya Kabupaten Garut pernah banyak memiliki prestasi di mana koperasinya banyak, besar, serta asetnya pun melimpah. Namun, imbuhnya, dalam 20 tahun terakhir, koperasi di Kabupaten Garut mengalami penurunan terutama dalam hal kedisiplinan anggota, pemasaran, dan usaha yang terus menurun.

“Nah kita dengan transformasi gerakan koperasi dalam rangka pemulihan ekonomi, ini juga menjadi kewajiban pemerintah daerah, provinsi, dan pusat menerjemahkan transformasi koperasi itu seperti apa, dan harus dilakukan secara konkret,” ucapnya.



Diperlukannya transformasi digital atau transformasi pemasaran dengan teknologi 4.0, karena selama ini koperasi juga lemah dalam bidang teknologi, permodalan, dan akses pemasaran.

“Jadi kita harus melakukan langkah konkret dengan politik anggaran yang akan kita lakukan meskipun sedikit kami ingin membuat start up-star up di koperasi, sehingga transformasi koperasi ini bisa menjadi bagian yang bisa dirasakan oleh mereka yang masih kecil asetnya,” ucapnya.



Sementara itu, Sekretaris Dinas Koperasi dan Usaha Kecil (Diskuk) Provinsi Jawa Barat, Suhra, berharap, koperasi dapat menjawab tantangan jaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. Di momen Hari Koperasi ke-75 ini, ia mengajak para insan koperasi untuk mengobarkan semangatnya untuk menjadikan koperasi sebagai kekuatan ekonomi rakyat yang dapat memulihkan ekonomi nasional.

“Hendaknya menjadikan momentum kebangkitan koperasi khususnya di Jawa barat untuk bersama-sama secara kolaboratif mulai meningkat kembali kapasitas koperasi, sehingga pada fase selanjutnya koperasi meningkat kapasitasnya dalam proses pembangunan perekonomian di Jawa barat khususnya pada pembangunan nasional pada umumnya,” ucapnya.



Di tempat yang sama, salah satu penerima penghargaan, Direktur Vortable, Dhani Omar Dien mengatakan, penghargaan ini merupakan sebuah apresiasi atas kegiatan yang telah dilakukan, yaitu Festival Baso Aci yang termasuk ke dalam kategori inovasi dan kreativitas. Ia berharap, dengan adanya Festival Baso Aci maupun festival lainnya dapat meningkatkan perekonomian di Kabupaten Garut.

“Sebenarnya ini menjadi sebuah semangat bagi kami sudah berencana bahwa tetap menggelar event ini secara tahunan, mudah mudahan dengan mendapatkan penghargaan ini lebih baik kedepanya dan semakin konsisten,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT