• Bahasa

Diskop UKM Garut Buka Pelayanan Publik Garut Packaging House Bagi Para Pelaku UMKM

21 Mar 2023 Hanapi 553

GARUT, Garut Kota - Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Diskop UKM) Kabupaten Garut membuka Program Pelayanan Publik Garut Packaging House sekaligus meresmikan Gedung Koperasi Produsen Mitra Usaha Parigel yang bertempat di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Selasa (21/3/2023).

Gedung Koperasi Produsen Mitra Usaha Parigel ini diresmikan secara langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, turut hadir Kepala Diskop UKM, Suhartono, dan Camat Garut Kota, Teten Sundara.



Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pengembangan Usaha Mikro dan Usaha Kecil Diskop UKM Garut, Erni Herdiani, menyampaikan bahwa hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan dari Bupati Garut, Rudy Gunawan dan Kementerian Koperasi Republik Indonesia (Kemenkop RI).

Selain itu, ia juga menuturkan, kegiatan ini merupakan inisiasi dirinya dalam pelaksanaan inovasi Diklat Pim III yang bekerja sama dengan beberapa pihak, seperti akademisi, pemerintah, dan perbankan.



"Saya selaku inisiator kegiatan ini beserta Koperasi Parigel dan Tim Garut Packing House mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati beserta jajarannya, dan saya juga berterimakasih kepada BJB yang telah mendukung program kegiatan ini, beserta BPJS Ketenagakerjaan, dan PNM Kabupaten Garut," ucap Erni.

Erni menerangkan, bahwa setelah adanya peresmian Gedung Parigel ini, para pelaku usaha mikro baik komunitas maupun UMKM yang ada di Kabupaten Garut bisa mendapatkan fasilitas pelayanan publik khususnya dalam segi packaging produk kuliner maupun yang lainnya. Erni juga menerangkan, bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya juga bekerja sama dengan agregator yaitu owner dari Khasna Centra Oleh-Oleh di Kabupaten Garut.



"Bapak Hj. Ato dan Ibu Hj. Lilis Rostina (pengusaha dodol Garut), mereka sangat mendukung sekali terhadap UMKM di Kabupaten Garut, karena mereka menjadikan ibu dari para pelaku usaha mikro di Kabupaten Garut bekerja sama dengan koperasi Parigel untuk mengangkat promosinya produk-produk UKM yang ada di Kabupaten Garut," lanjutnya.

Ia berharap dengan keberadaan bangunan ini dapat memberikan pelayanan bagi para pelaku usaha baik dari segi edukasi, layanan legalitas, layanan desain, dan layanan akses permodalan.



Di tempat yang sama, Pengelola Gedung Parigel sekaligus Ketua Koperasi Parigel, Edwin Januar menyampaikan, bahwa pelayanan publik Garut Packaging House ini merupakan salah satu bukti pelayanan dari Diskop UKM Garut yang diamanatkan kepada Koperasi Mitra Parigel untuk memberikan desain kemasan gratis sampai ke sampel branding-nya sesuai dengan standar BPOM.

"Pelayanan publik maupun fasilitas yang ada di sini itu diperuntukkan untuk seluruh UMKM di Kabupaten Garut, asalkan orang Garut boleh kalau di sini, disini juga teman-teman UMKM baik yang baru, maupun yang sudah lama kalau misalnya mau konsultasi maupun bertanya mengenai tentang UKM," ucapnya.



Saat ini, imbuh Edwin, sudah terdapat 109  pelaku usaha di Kabupaten Garut yang bergabung dalam Koperasi Mitra Parigel. Selain itu, dalam Koperasi Mitra Parigel juga terdapat Forum Komunikasi UMKM yang berisi gabungan komunitas UMKM di Kabupaten Garut.

"Jadi komunitas-komunitas UMKM di Garut itu digabungkan di sini, jadi kalau misalnya ada komunitas-komunitas yang belum gabung, silakan masuk ke sini kita bisa saling bersinergi di sini," ucapnya.



Ia menerangkan, kepada pelaku usaha yang ingin bergabung ke dalam Koperasi Mitra Parigel, bisa datang secara langsung dengan syarat utama memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Harapannya gedung di mitra usaha Parigel ini, ini bisa mengakomodir para UMKM yang mau belajar bareng untuk memajukan usahanya, kemudian juga untuk peningkatan atau scale up dari usahanya, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk semua UMKM, jadi asal semuanya mau berusaha kita pasti ada jalannya datang aja ke Parigel," ujarnya.



Di sisi lain, menjelang Ramadan, pihaknya berencana mengadakan Bazar Ramadan yang akan dimulai pada tanggal 25 Maret 2023 mendatang.

"Ini juga terbuka untuk beberapa tenant, kalau misalnya ada yang mau ikut gabung silakan datang ke Parigel sampai hari Kamis untuk pendaftarannya. Jadi setelah itu kita langsung technical meeting dan persiapan untuk Bazar Ramadan," tuturnya.



Sementara itu, Camat Garut Kota, Teten Sundara, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Diskop UKM Garut, Koperasi Mitra Parigel, dan beberapa pihak lainnya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Ia berharap, adanya gedung ini dapat menjadi langkah awal dari kemajuan Kabupaten Garut.

"Ini berkolaborasi insha Allah UMK akan lebih maju, kuat, dan berkah untuk semuanya," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT