• Bahasa

DPD ABPEDSI Kabupaten Garut Gelar Muskerda di Gedung Pendopo

6 Mar 2021 Hanapi 1233

GARUT, Garut Kota - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (ABPEDSI) Kabupaten Garut menggelar kegiatan Muskerda (Musyawarah Kerja Daerah) yang dilaksanakan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (6/3/2021).

Ketua Umum DPD ABPEDSI Kabupaten Garut, Dik Dik Ganiswara menyampaikan muskerda dilaksanakan berkaitan dengan program yang akan dicanangkan dan diimplementasikan dalam 5 tahun ke depan.

“Muskerda itu musyawarah kerja daerah atau kerja untuk 5 tahun ke depan, program-program apa saja yang akan dicapai yang akan dicanangkan oleh pengurus ABPEDSI Kabupaten Garut,” ucap Dik Dik.



Sedangkan mengenai tugas DPD adalah berkaitan dengan pembentukan panitia pilkades (pemilihan kepala desa) yang akan segera dilaksanakan di Kabupaten Garut.

“Salah satu contoh yang menjadi merupakan tugas DPD sebagaimana diamanatkan dalam Permendagri Nomor. 110 tahun 2016 pasal 32 tentang pembentukan panitia pilkades itu merupakan ranahnya BPD (Badan Permusyawaratan Desa),” ucapnya.

Maka dari itu, Dik Dik menegaskan perlu adanya penegasan tentang operasional BPD mengenai pembentukan pilkades yang akan segera berlangsung. Maka di situ perlu adanya penegasan tentang operasional BPD.



Dalam kesempatan ini juga, Dik Dik menyampaikan perihal akan diselenggarakannya pelantikan panitia pilkades pada 23-25 Maret mendatang.

“Dan insyaallah 23 Maret, 24 Maret, 25 Maret sebagaimana dalam tahapan pemilihan panitia pemilihan kabupaten, itu merupakan pelantikan panitia pilkades oleh BPD. Maka disitu BPD melantik para panitia pilkades,” kata Dik Dik.



Dalam kegiatan ini turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji. Menurut Aji, pihaknya akan menyampaikan keinginan dari DPD yang berkaitan dengan tunjangan dan operasional kepada Bupati Garut, Rudy Gunawan.

“Ini merupakan satu  pondasi dasar dalam organisasi bahwa kita harus melaksanakan program kerja dan sasaran langkah-langkah apa yang akan dicapai selama 5 tahun. Tadi telah disampaikan keinginan-keinginan dari pak ketua, insyaallah akan kami laporkan langsung ke pak bupati kaitan dengan tunjangan dan operasional,” ujar Aji.



Ia menuturkan dengan adanya muskerda ini, diharapkan bisa meningkatkan kerjasama antar kepala desa dan BPD yang akan menghasilkan sebuah keputusan desa.

“Dari hasil musyawarah kerja daerah ini, kami sangat mengharapkan terus ditingkatkan kerjasama kebersamaan dengan kepala desa dan disini bahwa pemerintahan desa sudah jelas BPD dan kepala desa dan produknya sebagaimana adalah keputusan desa,” ucap Aji.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT