• Bahasa

FAJI Garut Kenalkan Arung Jeram Ke Masyarakat Lewat Festival Cimanuk 22

26 Mar 2022 Hanapi 195

GARUT, Banyuresmi - Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Garut menggelar acara Festival Cimanuk 22 yang difokuskan di sepanjang Sungai Cimanuk, di Kampung Patrol, Desa Dangdeur, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Sabtu (26/3/2022).

Festival yang digelar dua hari hingga Minggu (27/3/2022) ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut, Usep Basuki Eko.

Ada beberapa kegiatan dalam Festival Cimanuk 22 ini diantaranya arung jeram bersama, sharing session, hingga coaching clinic terkait teknik-teknik arung jeram, baik itu untuk wisata atau guiding dan juga arung jeram untuk prestasi.



Atas nama Pemerintah Kabupaten Garut, Kadispora Garut menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas penyelenggaraan Festival Cimanuk 22 ini, karena melalui acara ini FAJI Garut telah membantu tugas-tugas tentang pengembangan olahraga arung jeram maupun wisata.

"Karena diselenggarakannya kegiatan tersebut ini memadukan antara prestasi dan wisata, tadi Alhamdulilah dihadiri oleh atlet-atlet yang dipersiapkan untuk Porprov (Pekan Olah Raga Provinsi) mereka berlatih juga, ini (juga) tentu saja diselenggarakannya Festival Cimanuk Tahun 2022 ini akan memperkenalkan kepada masyarakat tentang potensi wilayah Kabupaten Garut khususnya untuk olahraga arung jeram," ujar Eko melalui aplikasi pesan singkat Whatsapp, Sabtu (26/3/2022).



Olahraga arung jeram di Kabupaten Garut, sebut Eko, perkembangannya sangat pesat dibandingkan daerah lain, hal ini dibuktikan dengan adanya pertandingan Cabang Olahraga (Cabor) arung jeram dalam perhelatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Garut tahun kemarin.

"Biasanya arung jeram itu hanya bisa diselenggarakan di tingkat daerah yaitu dalam Porprov maupun di tingkat nasional, belum pernah ada setingkat Porkab itu diselenggarakan arung jeram," katanya.



Ia berharap dengan diselenggarakannya Festival Cimanuk 22, perkembangan prestasi di Cabor arung jeram bisa berbanding lurus dengan tumbuhnya wisata olahraga khususnya wisata olahraga arung jeram.

"Nah tentu saja ini mudah-mudahan untuk ke depan prestasi dalam arung jeram juga bisa meningkat, karena terbukti  pernah ada atlet kita yang bisa menjadi juara dunia  dan atletnya terutama putri ini terdepan di Jawa Barat. Nah mudah mudahan seiring dengan peningkatan prestasi juga bisa tumbuh pariwisata olahraganya yaitu melalui wisata arung jeram," harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Festival Cimanuk 22, Roni Kadar Ginanjar, mengungkapkan, dalam kegiatan ini pesertanya terdiri dari kalangan pecinta alam, atlet arung jeram, dan pegiat wisata.



Ia menuturkan, output yang ingin dihasilkan melalui Festival Cimanuk 22 ini, yakni ingin memperkenalkan bahwa Garut memiliki potensi wisata arung jeram, dan Sungai Cimanuk ini merupakan sungai  yang aman dan ramah untuk wisata arung jeram yang menjadi kebanggaan warga Garut.

"Output yang dihasilkan sebenarnya selain memasyarakatkan arum jeram, juga memperkenalkan destinasi wisata arung jeram yang ada di Kabupaten Garut karena selama ini sungai Cimanuk merupakan primadona wisata arung jeram untuk kalangan masyarakat atau wisatawan di luar Kabupaten Garut," tuturnya.

Roni juga menjelaskan, tindaklanjut dari festival ini adalah adanya persamaan persepsi mengenai arung jeram, pihaknya juga selain ingin mensosialisasikan arung jeram sebagai kegiatan olahraga dan pariwisata, namun juga ada sisi petualangan dan konservasinya.



Melalui festival ini pula pihaknya berharap bisa menghasilkan bibit-bibit atlet arung jeram Garut yang bisa berprestasi di tingkat nasional, apalagi, imbuh Roni, rencanya Kabupaten Garut akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat Tahun 2022, khususnya dalam Cabor Arung Jeram.

"Apalagi sebentar lagi kita Garut sebagai tuan rumah Porda, dan kita menjadi tuan rumah Porda untuk Cabor arung jeram yang di mana atlet Garut akan berlaga di Porda tersebut, Alhamdulillah kita sudah mendapatkan prestasi di Porda sebelumnya dengan masuk ke peringkat dua dan tiga." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT