• Bahasa

Guna Bangkitkan Pariwisata di Garut, Rudy Gunawan Resmi Buka Acara Jabar Culture & Tourism Festival 2021

23 Mar 2021 Hanapi 928

GARUT, Garut Kota – Pemerintah Kabupaten Garut menggelar acara Workshop Desa Wisata dan Digital Jawa Barat dalam agenda Jabar Culture & Tourism Festival (Jafest) 2021. Acara ini dibuka langsung oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (22/3/2021). Turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Aji Sukarmaji, Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan beberapa perwakilan desa.

Bupati Garut mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi antara lintas kementerian Indonesia maju dengan beberapa ikatan alumni universitas dan institut yang ada di Indonesia.

“Jadi Ikatan Alumni Unpad dan beberapa alumni perguruan lainnya di Jawa Barat melakukan kolaborasi dengan beberapa kementrian, ada alumni ITB (Insitut Teknologi Bandung), UI (Universitas Indonesia) dan IPB (Insitut Pertanian Bogor), ini mau melakukan satu terobosan memberikan bimbingan  ke desa-desa dan pusat pariwisata unggulan di Jawa Barat,” ucap Bupati Garut.



Ia juga mengajak untuk mengembangkan pariwisata di Kabupaten Garut karena saat ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut minus 1,3%.

“Ayo kita kembangkan pariwisata di masa pandemi ini, karena kita minus 2% pertumbuhan ekonomi nasionalnya, dan Garut minus 1,3%, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa menumbuhkan ekonomi daerah melalui pariwisata" kata Bupati Garut Rudy Gunawan.



Dalam kegiatan ini, Bupati Garut menganggarkan dana sebanyak 10 miliar dari APBD (Anggaran dan Pendapatan Daerah) Kabupaten Garut tahun 2022 untuk pengembangan pariwisata.

“Dalam rangka Jafest ini kami anggarkan 10 milyar. Pak menteri nanti akan datang ke Garut, dan meminta 5 destinasi. (Untuk alokasinya) misal yang ada yang perlu jalan, misalnya Karangsari Pakenjeng kemarin perlu jalan kurang lebih perlu 8 juta, kita kasih. Kita sediakan 10 milyar di APBD 2022,” ucap Bupati Garut.

Rudy Gunawan menuturkan Jabar Culture Festival and Tourism Tahun 2021 ini menjadi jawaban atas langkah-langkah konkret yang akan dilakukan untuk membangkitkan pariwisata di Kabupaten Garut.



“Jabar Culture Festival and Tourism Tahun 2021 tentunya menjadi jawaban konkret yang disampaikan dengan kecerdasan dan juga dengan kesungguhan,” ujarnya.

Sementara itu Ketua IKA (Ikatan Keluarga Alumni) Universitas Padjajaran, Irawati Hermawan, menyatakan, keberadaan IKA Unpad dalam agenda ini merupakan inisitor kegiatan bersama dengan 3 ikatan alumni yang lain, untuk membuat event Jabar  Culture & Tourism Festival (Jafest) yang sudah dimulai launching di Bogor.



"Kita ingin mendukung desa wisata yang ada di Garut, harapannya khusus di Garut ini, kita ingin pariwisata Garut semakin maju, julukan sebagai Garut Swiss Van Java atau Swiss-nya Jawa Barat dengan alam yang sangat indah potensi wisatanya luar biasa, perlu dukungan dan kolaborasi semua pihak agar pariwisata Garut ini bisa kembali mendunia" ucap Irawati.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT