• Bahasa

Hadiri Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi Ke - 209 Kabupaten Garut, Bupati Garut Laporkan Capaian Vaksinasi di Daerahnya

17 Feb 2022 Hanapi 509

GARUT, Tarogong Kidul - Bertempat di Ruang Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Garut, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut, Rabu (16/2/2022), DPRD Garut menggelar Rapat Paripurna DPRD Garut Masa Sidang I Tahun 2022, dalam rangka Peringatan Hari Jadi  ke - 209 Kabupaten Garut (HJG) Tahun 2022.

Dalam rapat paripurna yang dihadiri  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Garut, serta pimpinan dan jajaran DPRD Garut, Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutannya melaporkan capaian vaksinasi di daerahnya.



Ia menyampaikan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini, pihaknya terus melakukan langkah-langkah preventif secara bergotong royong antara pemerintah daerah, DPRD, TNI, Polri dan Forum Komunikasi Pemerintah Daerah yang ditugaskan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, untuk terus melaksanakan langkah-langkah guna memberikan perlindungan kepada masyarakat.

"Dibantaranya saat ini kita mempunyai tugas satu mendisiplinkan protokol kesehatan, dan yang kesatu tetap kesatu lagi yaitu adalah vaksinasi," ujar Bupati Garut.

Rudy menilai bahwa vaksinasi merupakan langkah penting untuk memberikan perlindungan dari Virus Corona varian apapun, termasuk varian Omicron yang sudah masuk ke Kabupaten Garut.



Berkat adanya tindakan gotong royong, lanjut Rudy, ia bersyukur karena saat ini pihaknya telah melaksanakan vaksinasi dosis 1 yang sudah hampir mencapai angka 87 persen.

"Alhamdulillah tahun ini kita telah melaksanakan vaksinasi gelombang 1 atau dosis 1 hampir 87%, tetapi kita masih ketinggalan di dosis 2 yang baru 48%, (tentunya) terus kita lakukan upaya supaya masyarakat Kabupaten Garut (mencapai) _herd immunity_ (dengan) 70 persen penduduknya telah mendapatkan vaksinasi (dosis lengkap)," lanjutnya.

Tak lupa, ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada orang tua siswa, guru, dan pihak lainmya yang telah melakukan dengan sungguh pada pelaksanaan vaksinasi anak usia 6 sampai tahun. Sehingga vaksinasi anak usia 6-11 tahun kini sudah mencapai angka 89 persen.

"Alhamdulillah 89% anak sekolah kita umur 6 sampai 11 tahun telah divaksin dosis 1, dan sekarang menuju kepada vaksin dosis 2," ucapnya.



Sementara itu, Ketua DPRD Garut, Euis Ida Wartiah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke - 209 Kabupaten Garut tahun 2022, di mana tema yang diusung oleh Pemkab Garut yaitu _Garut Waluya Manjing Digjaya_ memiliki makna yang begitu besar dan mendalam yakni Garut yang sehat dan kuat guna meraih kemajuan.

"Garut waluya tidak hanya memiliki makna sehat lahir, akan tetapi juga harus sehat secara batin dan tentu saja harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan," katanya.



Ia berharap dengan momentun Hari Jadi Garut  ini, bisa semakin meningkatkan tekad dan semangat dari semua pihak, untuk terus membangun dan mengantarkan Kabupaten Garut menjadi suatu daerah yang berdiri sejajar, bahkan bisa lebih maju dari daerah-daerah lain khususnya di Jawa Barat dan umumnya Indonesia.

Euis juga menjelaskan bahwa Kabupaten Garut kaya akan potensi Sumber Daya Alam (SDA), maka dari itu dirinya mengajak semua pihak untuk bisa menjadikan Kabupaten Garut sebagai kebanggaan.

"Kita patut bersyukur bahwa kita telah dianugerahi wilayah yang kaya akan potensi Sumber Daya Alam, dengan panorama alam yang begitu indah, dan memanjakan mata, oleh karena itu mari kita terus berusaha keras (untuk) menjadikan Kabupaten Garut sebagai kebanggaan kita bersama," jelas Ketua DPRD Garut.



Terakhir, ia mengajak seluruh pihak untuk bermuhasabah dan merekonstruksi mana hal-hal yang baik, yang patut dipertahankan, serta mana hal-hal yang harus segera diperbaiki untuk kemajuan Garut kedepan.

"Mari kita bergandengan tangan, dalam harmoni yang seirama, dan saling menguatkan satu sama lain, agar persolan dalam sektor pembangunan dapat kita atasi dan kita selesaikan." tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT