• Bahasa

Helmi Budiman : Pramuka Bisa Diandalkan Untuk Membangun Karakter Anak Bangsa

26 Aug 2022 Hanapi 170

GARUT, Tarogong Kidul – Wakil Bupati Garut, juga selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) SMA Negeri/Swasta se-Kabupaten Garut yang dilaksanakan di Aula SMAN 1 Garut, Jalan Merdeka, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (25/8/2022).

Dalam sambutannya, ia memaparkan bahwa sebagai anggota Gerakan Pramuka terutama Mabigus, ini merupakan sebuah kesempatan untuk membangun negeri melalui persiapan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Menurutnya, jika kita ingin membangun negeri, maka terdapat dua sifat yaitu fisik dan non fisik.

“Pembangunan yang non fisik ini adalah bangunan yang paling sulit paling besar, maka wajar kalau 20% minimal dana negara ini butuh pendidikan, menyiapkan SDM karena paling sulit,” ujarnya.



Ia menuturkan, di antara pembangunan SDM ada yang lebih sulit lagi yaitu membangun karakter, karena membangun karakter itu memerlukan waktu yang cukup lama, memerlukan keseriusan, dan memerlukan intensitas yang terus menerus.

“Nah disinilah tanpa mengecilkan pembinaan-pembinaan yang lain maka Pramuka itu diharapkan menjadikan paling depan dalam membangun kualitas sumber daya manusia, khususnya untuk membangun karakter,” lanjutnya.



Wabup Garut menyampaikan, kurikulum merdeka yang sekarang ini digunakan di dunia pendidikan lebih menitikberatkan terhadap bagaimana membangun karakter yang baik, maka dari itu ia meyakini bahwa Pramuka merupakan kegiatan yang bisa diandalkan untuk membangun karakter anak-anak bangsa.

“Kita kalau di SMA itu Pramuka Penegak di akhir akhir Pramuka Pandega, jadi kakak-kakak itu adalah partner negara, partner penyelenggara negara, untuk membangun karakter,” tuturnya.



Selain itu, ia juga menyampaikan terkait apa yang telah diluncurkan oleh Presiden RI, Joko Widodo yaitu Core Value bagi Aparatur Sipil Negara. Menurutnya, tak hanya ASN tapi semua pengabdi negara harus memiliki core value BerAKHLAK yang justru harus dibangun sejak kecil.

“Dan kita sebagai Gerakan Pramuka mempunyai andil yang cukup besar bagaimana menjadikan anak anak kita nanti sebagai anak-anak yang disebutkan memiliki core value yang ASN nya itu BerAKHLAK,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT