• Bahasa

Jajaran Forkopimda Garut Tinjau Langsung Lokasi Bencana Angin Puting Beliung

17 Jan 2020 Hanapi 1466

Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman bersama Kapolres Garut AKBP Dede Yudy Ferdiansah dan Dandim 0611 Garut Letkol Inf Erwin Agung TWA, melakukan peninjauan ke lokasi bencana angin puting beliung di Desa Kertajaya, Kecamatan Cibatu, Jumat (17/01/2020).

Dalam peninjauan tersebut didampingi pula oleh Kasdim 0611 Garut Mayor Hamzah Budi Susanto, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Dinas Sosial, Forkopim Kecamatan Cibatu, dan Kepala Desa Kertajaya.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Helmi Budiman berdialog langsung dengan para korban puting beliung yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, pada Kamis (16/01/2020) sore mengakibatkan 30 rumah mengalami kerusakan dengan rincian, rusak berat 3 unit dan rusak sedang 27 unit.

Dalam kesempatan tersebut Helmi menyampaikan bahwa Pemkab Garut bersama TNI-Polri turut bela sungkawa dan tidak tinggal diam dengan musibah yang terjadi.



Mengenai kerusakan yang terjadi, kata Helmi, sampai saat ini masih dilakukan pendataan dan assessment kerusakan dari dampak bencana, oleh BPBD Kabupaten Garut bersama pihak-pihak terkait.

“Saya sudah meminta, BPBD, Dinas Perkim dan Dinas Sosial bisa mengintervensi bantuan material pasca bencana untuk korban," ungkapnya.

Ditambahkan Helmi Budiman, bahwa pihaknya akan segera menyalurkan berbagai bantuan yang dibutuhkan, selanjutnya bantuan material untuk mempercepat pembangunan rumah-rumah yang rusak. Dirinya berharap tidak ada lagi angin kencang yang terjadi di wilayah Cbatu atau wilayah lainnya di Kabupaten Garut.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati bersama Kapolres dan Dandim, secara simbolis menyerahkan bantuan kepada warga Desa Kertajaya yang atapnya rumahnya disapu angin puting beliung.



Sementara itu, dalam keterangannya Camat Cibatu, Sardiman Tanjung mengungkapkan, dalam kejadian musibah angin puting beliung tidak terdapat korban jiwa, hanya ada beberapa warga yang mengalami luka ringan hingga patah tulang dan sudah ditangani oleh puskesmas dan RSUD setempat.

“Alhamdulillah tidak ada korban dalam peristiwa ini, hanya warga ada yang mengalami luka ringan dan berat hingga ada satu warga yang mengalami patah tulang dan itu sudah ditangani oleh Puskesmas dan RSUD dr Slamet, bantuan pun sudah diberikan kepada korban terdampak,” Kata Camat Cibatu.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT