• Bahasa

Kantor Kecamatan Cibatu Kebarakaran Diduga Akibat Korsleting Listrik

22 Feb 2022 Hanapi 758

GARUT, Cibatu - Telah terjadi kebakaran yang menimpa kantor pelayanan masyarakat, yaitu Kantor Kecamatan Cibatu, yang berlokasi di Jalan Alun-Alun Cibatu Nomor 7, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Garut, Selaaa (22/2/2022).

Berdasarkan keterangan dari Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut, kebakaran yang terjadi sekitar pukul 2.30 dini hari ini, menghanguskan bagian atap atau bangunan lantai 2 dari Kantor Kecamatan Cibatu.



Salah satu saksi yang juga merupakan pelapor kebakaran, yaitu Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Garut, Saepudin, menyebutkan,  api pertama kali terlihat di bagian atap bangunan, dan ia menduga api berasal dari korsleting listrik. 

Untuk memadamkan kebakaran ini, Disdamkar Garut dibantu beberapa perangkat daerah lain, menurunkan 3 unit kendaraan pemadam kebakaran,   terdiri dari 2 unit kendaraan pancar dan 1 unit kendaraan supply. Api sendiri berhasil dipadamkan sekitar pukul 3.15 WIB atau 26 menit pasca petugas Disdamkar Garut tiba di lokasi kebakaran.



Akibat kebakaran yang menghanguskan bangunan seluas 12 x 28 meter ini, kerugian berkisar di angka 60 juta rupiah. Meski begitu, tidak ada korban jiwa ataupun korban luka akibat kejadian ini.

Kepala Bidang (Kabid) Operasi dan Penyelamatan, Disdamkar Garut, Syam Sumaryana, mengingatkan, kewaspadaan terhadap bahaya kebakaran harus ditingkatkan, apalagi kebakaran tidak mengenal waktu dan tempat, bersifat merugikan baik harta benda bahkan hingga nyawa.



"Periksalah secara rutin dan berkala setiap barang (atau) benda kelistrikan dan perapian, bahkan barang yang mudah terbakarpun seperti jerami, kardus, kayu dan sejenisnya harus diperiksa dan diamankan," kata Syam.

Selain di Kantor Kecamatan Cibatu, di hari yang sama dan di waktu yang hampir berdekatan, petugas Disdamkar Garut juga memadamkan kebakaran yang terjadi di  kampung Andir, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.  Kebakaran yang terjadi pukul 3.49 ini, menghanguskan satu buah kandang sapi milik salah seorang warga, dengan kerugian sekitar 10 juta rupiah.



www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT