• Bahasa

Kapolres Garut Resmikan Samdong, Bayar Samsat Kini Bisa di Tingkat Desa

25 Jan 2018 Admin 3700

Kapolres Garut Resmikan Samdong, Bayar Samsat Kini Bisa di Tingkat Desa

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna SIK, didampingi Waka Polres, Gotam Hidayat SH, Kasat Lantas AKP R Erik Bangun Prakarsa SIK, Kasi Propam Polres Garut beserta jajaran, Kepala Cabang Jasa Raharja Garut Imam Cahyono, dan Kepala Cabang Samsat Garut Mochamad Eri Ruyani SE M Si, meresmikan Samsat Gendong (Samdong) yang akan beroperasi di beberapa titik Kecamatan di Kabupaten Garut, Rabu (24/01) di Kantor Samsat Kabupaten Garut, Jalan Suherman, Tarogong Kidul.

Kapolres Garut menuturkan, terobosan inovatif ini berawal dari diperlukannya pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang dapat menjangkau daerah ataupun wilayah yang tidak tersentuh oleh pelayanan Samsat Induk maupun Samsat Keliling, untuk melayani keinginan komunitas warga yang ingin melakukan pembayaran PKB.

“Seperti yang kita lihat barusan, layanan inovatif jemput bola Samdong tadi akan menuju ke Kecamatan Samarang untuk melayani pengesahan Surat Tanda Kendaraan Bermotor (STNK), dan pembayaran PKB,” ujar Budi, Rabu (24/01).

Apabila dibandingkan dengan pelayanan Samsat lainnya, lanjut Kapolres Garut, Samdong memiliki mekanisme yang jauh lebih sederhana. Jarak yang ditempuh petugas Samdong lebih dekat, karena dua petugas Samsat yakni 1 petugas Polri dan 1 petugas Samsat, membuka meja registrasi di lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat yang ada di satu wilayah, seperti Kantor Kelurahan atau Desa bahkan Tingkat RW, terangnya.

Sementara Kepala Cabang Samsat Garut, Mochamad Eri Ruyani, menyampaikan sebenarnya Samdong tidak jauh beda dengan proses penerbitan di kantor Samsat, dan memiliki fungsi sama.

“Sebenarnya sama saja fungsinya Samdong dan Samling, memudahkan dalam pengurusan pajak kendaraan. Namun dengan Samdong, pelayanan akan lebih menyentuh ke daerah-daerah,” pungkasnya.

Sebelumnya pada saat yang sama, Kapolres Garut meresmikan Sudut Baca yang ada di ruang tunggu pelayanan Samsat Kabupaten Garut. Dimana dalam ruangan tersebut tersedia fasilitas ruang baca, ruang bermain anak, dan ruang laktasi atau ibu menyusui.


(Igie),hariangarut-news.com

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT