• Bahasa

Kelurahan Sukamenteri Terima Bantuan Mesin Dispenser Minyak Goreng Curah Dari HPN Jawa Barat

5 Mar 2023 Hanapi 397

GARUT, Garut Kota - Pemerintah Kelurahan Sukamenteri menerima bantuan berupa Mesin Dispenser Minyak Goreng Curah dari Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Jawa Barat.

Bantuan ini diterima secara simbolis oleh Asisten Daerah (Asda) III Bidang Administrasi Umum, Budi Gan Gan Gumilar, Kepala Kelurahan (Lurah) Sukamenteri, Irwan Sutiawan, dan  Forum RW Sukamenteri di Kampung Bentar Hilir, Kelurahan Sukamenteri, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Sabtu (4/3/2023).

Dalam kesempatan ini, juga dilakukan pemberian santunan dari HPN Jawa Barat kepada anak yatim piatu di Kelurahan Sukamenteri.



Asda III Garut, Budi Gan Gan Gumilar mengungkapkan, pemberian mesin minyak goreng curah ini merupakan satu keberkahan bagi masyarakat Kabupaten Garut khususnya di Kelurahan Sukamenteri. Ia memaparkan, bahwa pemerintah daerah sangat mendukung atas adanya bantuan ini, sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat kecil di Kabupaten Garut.

"Oleh karena itu tadi sudah disampaikan bahwa distribusinya sudah disiapkan dan kami dari pemerintah akan mendukung untuk distribusi supaya selamanya tersedia untuk dispenser minyak goreng ini (dan) bisa dinikmati oleh masyarakat," ucap Budi Gan Gan.



Sementara, Pembina Dewan Pimpinan Wilayah (DWP) HPN Jawa Barat, Hj. Siti Mamduhah Ma'ruf Amin, menyampaikan bahwa pihaknya bersyukur dan sangat mengapresiasi adanya _launching_ mesin dispenser minyak goreng curah untuk masyarakat Kelurahan Sukamenteri. Ia memaparkan, launching ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Provinsi Jawa Barat dan dilaksanakan di Kelurahan Sukamenteri.

"Dan kami harapkan ini bisa nanti kami berikan juga ke kelurahan atau desa lainnya di Kabupaten Garut khususnya, supaya bisa membantu masyarakat atau meningkatkan ekonomi ya untuk rakyat yang ekonomi kerakyatan itu," ucapnya.



Siti Mamduhah Ma'ruf Amin, memaparkan melalui mesin dispenser mesin curah ini, masyarakat dapat membeli minyak goreng sesuai dengan kemampuannya, dan tidak memiliki patokan harga. Selain itu, ia menuturkan bahwa program ekonomi kerakyatan ini dirasa sangat tepat untuk dilaksanakan, melalui penyaluran mesin dispenser minyak goreng kepada masyarakat di desa-desa khususnya di Kabupaten Garut.

"Karena harganya kan tadi sudah disampaikan ya, jadi bisa membeli yang harga yang punya uang Rp1.000 bahkan bisa beli minyak goreng, jadi nggak ada di toko yang seribu ya, di sini bisa dengan mesin ini bisa beli yang seribu bisa yang 5 ribu," ucapnya.



Ia menambahkan, bahwa pihaknya berencana agar pemberian mesin dispenser minyak goreng curah ini bisa tersebar di Kabupaten Garut, Tasikmalaya, dan desa-desa lainnya yang ada di Provinsi Jawa Barat.

"Rencananya ya (tersebar) di sekitar Kabupaten Garut dan mungkin juga di Tasik dan mungkin di desa-desa lainnya di sekitar Jawa Barat, karena ini DPW HPN Jawa Barat ya prioritas di Jawa Barat," lanjutnya.



Di tempat yang sama, Lurah Sukamenteri, Irwan Sutiawan mengatakan bahwa dirinya selaku Lurah Sukamenteri mengucapkan banyak terimakasih kepada Pembina DPW HPN Jawa Barat, Hj. Siti Mamduhah Ma'ruf Amin atas pemberian mesin minyak goreng kepada masyarakat di wilayahnya.

Distribusi minyak goreng curah ini, sebut Iwan, akan tersedia di Forum RW Sukamenteri, di mana pembelian minyak goreng curah ini bisa sesuai dengan daya beli masyarakat. Jika masyarakat ingin membeli minyak goreng dengan harga dua ribu atau berapapun, imbuhnya, maka akan tetap dilayani. Menurutnya hal yang paling penting dengan adanya mesin dispenser minyak goreng curah ini adalah agar bisa bermanfaat bagi masyarakat.



"Yang paling penting bahwa kemanfaatan daripada mesin minyak goreng ini itu yang utama adalah untuk kemanfaatan untuk masyarakat gitu, maka dari itu sebagai pihak kelurahan yang utamanya adalah pelayan masyarakat, (akan) memberikan kontribusi yang sebaik-baiknya kepada masyarakat," lanjutnya.

Selain itu, Irwan menerangkan bahwa pasokan minyak sendiri didistribusikan dari perusahaan yang ditunjuk oleh DPW HPN Jawa Barat. Nantinya, pihaknya akan berkolaborasi agar pasokan minyak dapat terus disuplay dan tersedia.

Lurah Sukamenteri berharap, melalui bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dalam pembelian minyak goreng.

"Harapannya, bahwa alat ini harus dipergunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat Kelurahan Sukamenteri, agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, apalagi menjelang Bulan Ramadan, pasokan minyak goreng sangat diperlukan oleh masayarakat, sehingga ketersediaan minyak goreng ada di UKM Forum RW," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT