• Bahasa

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Banjir Bandang dan Longsor Garut Selatan

16 Oct 2020 Hanapi 1281

Bupati Garut Rudy Gunawan bersama Dandim 0611 Garut dan para pejabat Pemkab Garut mendampingi kunjungan kerja Kepala BNPB beserta rombongan ke lokasi banjir dan longsor di wilayah Selatan Garut, Kamis (15/10/2020).

Rombonga melihat langsung tempat-tempat wilayah terjadinya bencana banjir bandang, Iongsor dan pergerakan tanah di wilayah Selatan Garut. Lokasi yang dikunjungi adalah Kecamatan Cisompet (terdampak longsor) dan Pameungpeuk (banjir).



Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo mengungkapkan rasa optimisnya ketika masyarakat menghadapi bencana, masyarakat semakin terbiasa dan terlatih.

"Ada hal cukup membuat optimis dalam menghadapi bencana, adalah ketangguhan masyarakat," kata Doni.

Doni menyatakan, ketangguhan masyarakat terbukti pada tanggal 11 dan 12 Oktober dini hari, dan masyarakat sudah siaga. Mereka saling berbagi informasi mulai dari hulu hingga hilir untuk mengantisipasi turunnya air bah, sehingga sewaktu air itu melanda sejumlah desa, masyarakat sudah aman berada di tempat-tempat yang telah disiapkan oleh pemerintah daerah.

"Kita berharap apa yang terjadi di Garut ini juga bisa diikuti oleh daerah-daerah lain untuk mengikuti informasi yang diberikan BMKG, mencermati sehingga masyarakat sudah siap ketika banjir akan melanda dan sudah berada di tempat aman," ucapnya.



Doni menambahkan, BNPB menerima laporan atas bencana yang terjadi di selatan wilayah Garut, yaitu 154 rumah rusak berat, 217 rusak sedang dan 628 rusak ringan, ditambah fasilitas lainnya, sekolah, rumah ibadah, jembatan dan jalan yang terputus.

Diakuinya, masyarakat yang terdampak memang cukup banyak, tetapi mereka hanya sementara saja di tempat pengungsian dan sudah kembali, sehingga apa yang dikuatirkan dengan penangganan penularan Covid 19  tidak terjadi di sini.



Sementara itu, Bupati Garut Rudy Gunawan, mengatakan Pemkab Garut meneriman arahan mitigasi dari Kepala BNPB, sekaligus bagaimana melakukan rekonstruksi pasca bencana, terlebih Garut merupakan daerah yang memiliki tingkat bencana lengkap, mulai dari tsunami, longsor, pergerakan tanah, gunung berapi dan banjir bandang

Pihaknya juga akan terus belajar dan memberi pemahaman kepada masyarakat sesuai dengan bimbingan dari BNPB terkait mitigasi bencana  terjadi di 8 kecamatan yang ada di  wilayah selatan Garut, yang luasnya hampir 1.500 km persegi terdampak banjir bandang, longsor dan pergerakan tanah.

"Alhamdulillah dari kejadian semua ini tidak ada korban jiwa satu orang pun, ini semua akibat dari kesigapan masyarakat yang telah terlatih dengan Desa Tangguh Bencana, tentu ini akan kita kembangkan terus," pungkasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT