• Bahasa

Ketua DPRD Garut Dukung Bimtek KIM Berbasis Pesantren Yang Digelar Oleh Diskominfo dan FK-KIM Kabupaten Garut

10 Mar 2021 Hanapi 453

GARUT, Tarogong Kidul – Bimbingan Teknis (Bimtek) KIM berbasis pesantren untuk kompilasi album marawis yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Garut dan Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat (FK-KIM) Kabupaten Garut mendapat dukungan penuh dari Ketua DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) Kabupaten Garut. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Cikuray, Jl. Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Rabu (10/03/2021).

Ketua DPRD Garut, Euis Ida Wartiah, yang turut hadir secara virtual melalui aplikasi video telekonferensi di Gedung DPRD Kabupaten Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, menilai, dengan kegiatan ini para penggiat marawis melalui FK-KIM mampu melakukan kegiatan positif dalam membantu menyebarluaskan informasi.

“Saya selaku ketua DPRD Kabupaten Garut menyambut positif dan memberikan support dengan sepenuh hati untuk para pegiat seni marawis melalui Forum Komunikasi Kelompok Informasi Masyarakat yang senantiasa melakukan kegiatan yang positif dan membantu menyebarluaskan informasi sesuai dengan kapasitas, ruang dan kesempatan yang dimilikinya,” ungkap Euis.

Selain itu, Euis menyampaikan bahwa para pegiat marawis memiliki potensi dan komitmen tinggi terhadap kelestarian nilai budaya religius. Hal itu dinilai sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Para penggiat seni marawis adalah insan-insan yang potensial dalam berbasis pesantren, rumah tahfidz, madrasah dan tokoh-tokoh masyarakat yang memiliki komitmen tinggi dalam menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya religius islam dalam rangka menjaga semangat kebangsaan untuk keutuhan NKRI yang kita cintai ini,” tutur Euis.



Berkaitan dengan hal tersebut Euis berharap, dalam penyampaian pesan islaminya seni marawis dapat selalu mengikuti perkembangan zaman sehingga senantiasa menciptakan inovasi dan dapat terus dikembangkan di pesantren-pesantren.

“Harapan dari pada saya sebagai Ketua DPRD, marawis ini sebagai seni yang bisa dikembangkan di pesantren-pesantren nantinya dapat berkembang sesuai dengan keadaan zaman sekarang, zaman modern. Jadi marawis yang dulu dengan marawis yang sekarang itu harus berbeda. Karena pesannya juga sebagai religius islam harus sesuai dengan keadaan zaman sekarang,” papar Euis.

Euis juga berharap agar kegiatan Bimtek ini dilaksanakan 2 kali dalam setahun. Bentuk dukungan lainnya adalah Ia siap memberikan bantuan anggaran yang akan disampaikan melalui ketua penyelenggara.

“Saya sebagai ketua DPRD mendukung, mendorong agar kegiatan marawis ini, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan setiap tahun 2 Kali, karena mungkin memerlukan motivasi untuk peserta pesantren juga Rumah Tahfidz yang mengelola anak-anak untuk mengembangkan seni marawis atau seni antum dan nanti anggarannya saya akan bantu sesuai dengan kebutuhan, yang dapat saya sampaikan kepada kelompok atau melalui ketua penyelenggara. Itu mungkin yang dapat saya sampaikan,” pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT