• Bahasa

Komitmen Entitas Dan Semua Stakeholder Penting Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik

12 Oct 2022 Hanapi 471

GARUT, Tarogong Kidul – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengungkapkan, pentingnya memiliki komitme dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik. Komitmen tersebut dapat berasal dari entitas dan semua stakeholder yang berada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Hal itu diungkapkannya dihadapan para peserta kegiatan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi yang dilaksanakan di Aula Kantor Inspektorat Daerah, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (12/10/2022).

Rudy mencontohkan salah satu Dinas yang langsung memberikan pelayanan publik, yakni Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil Garut),  bagaimana zona integritas bisa ditegakkan dalam menuju wilayah bebas korupsi, dan wilayah birokrasi, bersih, dan melayani.



“Ini akan terus dikembangkan di Pemerintah Kabupaten Garut nanti bagaimana ada kesungguhan dari Disdukcapil mengenai manajemen perubahannya bagaimana, penataan tata laksana sumber daya manusia, penataan tatalaksana organisasi pada muatan mengenai produktifitas kerja, penguatan mengenai APIP, dan komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ucap Bupati Garut MB elalui video konferensi.

Begitupun dengan puskesmas, imbuh Rudy, ia yakin bahwa puskesmas yang saat ini diberi tugas oleh negara dengan program PIS PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga) dapat memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Puskesmas ini juga dijadikan sumber daya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, ditambah lagi sekarang ini Kabupaten Garut mempunyai komitmen ada keseimbangan antara jumlah penduduk yang 2,7 juta dengan jumlah nakes,” tuturnya.



Bupati menegaskan, pemerintah daerah akan terus memberikan dorongan-dorongan dalam menuju wilayah zona integritas. Hal-hal yang berhubungan dengan penataan, penguatan, dan komitmen peningkatan kualitas pelayanan publik akan menjadi bagian yang diperhatikan oleh pihaknya.

Sementara itu, Inspektur Daerah Kabupaten Garut, Toni Tisna Somantri menyampaikan, bahwa dalam kegiatan ini pihaknya dipercaya oleh Tim Penilai Nasional untuk melakukan evaluasi terkait pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi, yang dilakukan terhadap satu SKPD yaitu Disdukcapil Garut, dan 2 Puskesmas yaitu Puskesmas Siliwangi dan Puskesmas Cibatu.

“Nah yang hadir sekarang perangkat dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Puskesmas Siliwangi dan Puskesmas Cibatu ya, sementara kami di Inspektorat sini kita mengundang beberapa SKPD ya yang kami anggap untuk diusulkan ke Kementerian PAN dan RB untuk dinilai di tahun depan ya,” tuturnya.



Toni mengungkapkan, bahwa penilaian yang dilakukan kali ini cukup rumit mengingat banyak indikator penilaian yang harus dipenuhi oleh SKPD. Ia berharap, ketiga entitas yang saat ini dilakukan penilaian bisa meraih predikat zona integritas wilayah bebas korupsi.

“Kita berharap mereka-mereka ini bisa meraih predikat zona integritas wilayah bebas korupsi yang nanti kedepannya juga ada satu tahapan lagi yaitu wilayah birokrasi, bersih dan melayani ya. Jadi tahapan tahapannya seperti itu ya jadi tentunya tidak hanya terbatas untuk Disdukcapil, Puskesmas Siliwangi (dan) Cibatu,” ucapnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT