• Bahasa

KONI Kabupaten Garut Gelar Rakerkab Tahun 2023

13 Mar 2023 Hanapi 475

GARUT, Tarogong Kidul - Bertempat di Ballroom Fave Hotel Garut, Jalan Cimanuk, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (13/03/2023), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Kabupaten Garut Tahun 2023, dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Usep Basuki Eko.

Seperti dituturkan Ketua Umum (Ketum) KONI Kabupaten Garut, Abdusy Syakur Amin, Rakerkab tahun 2023 ini mengusung tema "Memperkokoh Konsolidasi Organisasi untuk Mencapai Prestasi". Konsolidasi ini dilaksanakan seusai Kabupaten Garut melewati masa yang cukup kritis di tahun 2022 setelah pertama kalinya dalam sejarah Kabupaten Garut menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).



Syakur mengakui, puncak kemajuan olahraga di Kabupaten Garut itu salah satunya hadir di masa kepemimpinan Bupati Garut, Rudy Gunawan.

"Saya masih ingat tahun 2018 kita sempat ditertawakan karena Garut berani-beraninya mencalonkan diri jadi tuan rumah olahraga akuatik. Saat itu di Garut tidak ada kolam akuatik, Alhamdulillah saat itu datang tamu dari KONI Jawa Barat mempertanyakan kesiapan Garut, karena Kota Tasik gak yakin Garut mampu gak jadi tuan rumah, akhirnya saya berhasil membujuk Pak Bupati, Pak Wakil Bupati, dan Pak Sekda, menandatangani surat kesediaan membangun sarana akuatik," tutur Syakur.

Ia memaparkan sejak saat itu, Bupati Garut beserta jajaran mulai memberikan perhatian besar untuk olahraga di Kabupaten Garut, salah satunya dengan terbangunnya sarana akuatik bertaraf internasional ke-4 di Indonesia yang berlokasi di sarana olahraga (SOR) R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.


"Saya sangat senang sekali, dan juga dengan adanya akuatik dan juga ditunjuknya Garut jadi tuan rumah Porprov, dilakukan pembangunan berbagai macam fasilitas yang lain, ada olahraga pertandingan, ada stadion sepak bola, ini menjadi salah satu tonggak pembangunan olahraga di Kabupaten Garut," paparnya.

Meski begitu, tambah Syakur, pembangunan fasilitas olahraga ini tidak hanya sampai di sini saja, karena masih ada cabang olahraga (cabor) yang memerlukan fasilitas penunjang di Kabupaten Garut.

Sementara itu dalam sambutannya, Kadispora Garut, mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, mengapresiasi pelaksanaan Rakerkab ini, karena kegiatan ini dilakukan untuk menentukan rencana kerja atau apa yang harus dilakukan ke depan oleh KONI Kabupaten Garut. Apalagi, saat ini pemerintah sudah memiliki Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), di mana dalam DBON tersebut Indonesia diharapkan mampu masuk 5 besar di Olimpiade Tahun 2044.



"Nah 5 besar ini tentu saja ditunjang oleh cabor-cabor dan daerah-daerah, cabor-cabornya apa? Di DBON itu sudah dijelaskan ada 14 cabor unggulan ini yang bisa menopang Indonesia menjadi 5 besar di Olimpiade. Dari 14 cabor tersebut, tentu saja daerah-daerah pun punya tugas harus bisa menentukan olahraga unggulan apa di kita, ini yang menjadi PR kita, bukan hanya PR pemerintah, bukan hanya PR KONI, bukan hanya PR masyarakat, tapi ini harus semua kita memikirkan," ucap Eko.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT