• Bahasa

Kunker Ke Cibalong, Bupati Garut Cek Kesiapan Pilkades Dan PIN Polio

16 Apr 2023 Hanapi 291

GARUT, Cibalong - Bupati Garut, Rudy Gunawan, melakukan kunjungan kerja ke beberapa desa di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut, Minggu (16/04/2023).

Kunjungannya ke Kecamatan Cibalong ini, dalam rangka melakukan monitoring persiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2023 yang akan dilaksanakan 15 Mei 2023 nanti.

"Saya sudah mengadakan Pengecekan di Cibalong ada 6 Desa semuanya berjalan dengan baik, panitia pemilihan desa dan kecamatan profesional, dia tidak memihak, menciptakan demokrasi desa yang sangat luar biasa," ujar Bupati Garut.



Selain melakukan monitoring terhadap kesiapan Pilkades di Kecamatan Cibalong, Bupati Garut juga mengecek pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kecamatan Cibalong. Di mana, ia mengungkapkan jika PIN Polio di Kabupaten Garut sudah di atas 96% dan memenuhi target yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Kami ucapkan terima kasih semua entitas yang bahu-membahu ya mulai dari kader Posyandu, dari guru-guru, dari perangkat desa semuanya sehingga PIN polio berjalan dengan baik," ucapnya.



Dalam kesempatan ini juga, Rudy juga menyampaikan permohonan maaf kepada kepala desa dan perangkatnya bahwa tahun ini tidak ada Tunjangan Hari Raya (THR) bagi para kades dan aparat desa di Kabupaten Garut. Hal tersebut, imbuh Rudy, bukan hanya terjadi di Garut saja, melainkan berlaku juga di kabupaten/kota lain.

Meskipun begitu, lanjut Rudy, pihaknya akan mencairkan Penghasilan Tetap (Siltap) Desa  bulan Mei di bulan April ini.

"Tetapi kita akan mencairkan siltap yang bulan Mei, yng bulan Mei dicairkan di bulan April, sehingga bulan April akan mendapatkan dua kali, yang kemarin kan di awal bulan sudah, nah sekarang yang bulan Mei kami tarik pencairannya besok, ada yang hari Jumat kemarin sudah ada besok, terakhir hari Selasa itu nanti dinas pemberdayaan masyarakat desa di bawah koordinasi Pak Wawan Nurdin selaku kepala dinas, akan segera mentransferkan ke masing-masing desa dan di sana pun harus segera dibagikan," lanjutnya.



Ia memaparkan jika ada sekitar Rp15 miliar dana yang dicairkan oleh Pemkab Garut kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) untuk siltap desa ini. Meski demikian, ia menilai jika keuangan di Pemkab Garut cukup tertib dan persediaan uangnya pun sudah diarahkan atau diporsikan sesuai ketentuan masing-masing.

"Sekali lagi saya mohon maaf kepada seluruh perangkat desa yang sudah bekerja dengan baik tetapi tidak mendapatkan THR pada saat ini," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT