• Bahasa

Langkah Sigap Pemkab Garut Atasi Banjir yang Merendam 7 Rumah di Kecamatan Banyuresmi

21 Nov 2021 Hanapi 694

GARUT, Banyuresmi - Banjir setinggi kurang lebih 30 hingga 50 sentimeter menggenangi 7 rumah warga akibat tersumbatnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Cibuyutan di Kampung Citamiang, Desa Sukalaksana, Kecamatan Banyuresmi, pada Jum’at (19/11/2021) lalu.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Satria Budi menuturkan berdasarkan laporan dari pemerintah kecamatan setempat, dengan ditinjau langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, kini telah dilakukan pengerukan oleh dinas teknis  dibantu oleh Tagana dan aktivis lingkungan Sekolah Sungai Cimanuk, Sabtu (20/11/2011).

“Alhamdullilah secara gotong royong air pun dapat mulai mengalir dan rumah yang terdampak pun air nya sudah mulai surut,” ucap Satria Budi, dalam keterangannya, Minggu pagi (21/11/2021)



Dalam proses pengerukan di area aliran sungai tersebut, Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) Kabupaten Garut mengerahkan 1 unit beko loader dan 3 unit dump truk, sedangkan 1 unit dump truk milik Kecamatan Banyuresmi turut pula diurunkan.

Satria Budi menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir kali ini, dan guna mempercepat pemulihan, pihaknya pun sudah melakukan pembersihan secara gotong royong bersama masyarakat setempat.

“Himbauan tetap dapat menjaga lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan dan aktifkan kembali budaya gotong royong,” pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT