• Bahasa

Legiun Veteran RI DPC Garut Gelar Acara Peringatan HUT ke-65

3 Jan 2022 Hanapi 287

GARUT, Garut Kota – Legiun Veteran Republik Indonesia Tingkat Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Garut menggelar Peringatan Hari Ulang Tahun yang ke-65 dengan tema “Legiun Veteran Bersama Kekuatan Nasional Lainnya Siap Mendukung dan Mengamankan Pembangunan Nasional Terutama Dalam Menanggulangi Pandemi Covid-19” yang diselenggarakan di Gedung Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Garut di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (3/1/2022).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Garut, Nurrodhin yang turut hadir dalam acara tersebut menyebutkan, saat ini sudah menjadi tugas kita semua untuk melanjutkan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).



“Yang berkaitan dengan Legiun Veteran, tentunya sepuh-sepuh kita ini adalah para pejuang yang turut serta merebut kemerdekaan selain itu juga terus mempertahankan kemerdekaan. Dan tugas kami yang akan melanjutkan estafet perjuangan kemerdekaan,” ujar Nurrodhin.

Ia menambahkan, tantangan generasi zaman sekarang tidak kalah sulit karena menghadapi permasalahan global, di mana masyarakat bisa mendapatkan berbagai pengaruh salah satunya dari media yang dapat mengikis wawasan kebangsaan.



“Ini menjadi sebuah peringatan bagi kita, bahwa secara umum kita menghadapi persoalan pengaruh dari dalam dan pengaruh dari luar yang mempengaruhi mengikis wawasan kebangsaan kita akan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Kepala DPC Legiun Veteran Kabupaten Garut, H. Mansur, menyebutkan, peringatan hari ulang tahun kali ini digelar secara sederhana dengan protokol kesehatan yang ketat dikarenakan masih dalam masa pandemi Covid-19.



“Peringatan hari ulang tahun ini harus kita jadikan intropeksi diri, perjalanan ke 65 tahun harus lebih memberikan penguatan kita dalam mengelola organisasi,” ucapnya.

Sesuai dengan tema yang diambil, pihaknya siap untuk membantu serta memberikan dukungan kepada pemerintah dalam penanganan Covid-19 yang masih mewabah sampai sekarang ini.



Sementara itu, Kepala Kantor Administrasi Veteran Garut, Mayor Inf Dedi menuturkan, pihaknya kini bertugas untuk merekrut beberapa veteran yang ada di Kabupaten Garut, yang nantinya akan diurus sampai ke tingkat pusat.

“Kantor administrasi veteran ini berfungsi dalam 3 hal, yang pertama adalah mencatat, kemudian meregistrasi, dan menyaring sesuai dengan Undang-Undang Nomer 10 Tahun 2012 bahwa veteran itu ada beberapa golongan, yaitu veteran pembela, kemudian veteran PKNI, kemudian (veteran) anumerta,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT