• Bahasa

Medsos Media Efektif Promosikan Desa Wisata di Kabupaten Garut

8 Dec 2021 Hanapi 703

JAKARTA - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, mengajak masyarakat Garut untuk turut serta mempromosikan desa wisata, di mana pada masa sekarang ini teknologi lebih canggih, sehingga masyarakat bisa memposting membantu pemerintah daerah untuk mempromosikan desa wisata di Kabupaten Garut melalui media sosial.

Ajakan tersebut diungkapnya usai menghadiri acara Malam Puncak ADWI (Anugerah Desa Wisata Indonesia) 2021 dengan tema “Indonesia Bangkit” yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia secara hybrid di Ciputra Artpreneur, Jalan Prof. Dr Satrio Kav. 3-5 Ciputra World Setiabudi, Jakarta Selatan, Selasa malam (8/12/2021). Desa Wisata Ciburial, Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang Kabupaten Garut meraih Juara 3  Desa Wisata Terbaik Kategori Toilet Umum.

“Kemudian juga kita berharap kepada seluruh masyarakat kita untuk memasarkan wisata-wisata yang kita miliki, karena sekarang yang menjadi pemasar itu bukan terbatas oleh pemerintah atau lembaga tertentu,” imbuhnya.



Helmi menuturkan, Pemerintah Kabupaten Garut mendukung penuh desa wisata yang ada di Kabupaten Garut untuk berkembang lebih baik lagi. Salah satu dukungan tersebut, imbuh Helmi, berupa bantuan pemasaran serta bimbingan dalam pengelolaan desa wisata di Kabupaten Garut.

“Ya sebenarnya kita juga sangat mensupport desa-desa wisata yang ada di kita itu, mulai daripada kita bantu rancangan master plan, kemudian juga ada bantuan terhadap desa wisata, bimbingan, nah ini juga merupakan daripada support,” katanya.



Berkaitan dengan penghargaan ini, Helmi Budiman mengungkapkan, penghargaan ini bisa menjadi dorongan untuk desa wisata lainnya di Kabupaten Garut, untuk dapat bersaing serta memiliki keunggulan dibanding desa wisata lainnya.

“Nah mudah-mudahan kita dengan adanya penghargaan ini semakin bersemangat bukan hanya Desa Wisata Ciburial, bukan hanya (Desa Wisata) Sukalaksana, tapi juga harus jadi semangat bagi desa-desa yang lain yang sudah mencanangkan atau sudah masuk ke dalam desa wisata,” kata Wabup.



Malam Puncak ADWI dihadiri  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahudin Uno, Menteri Koodinator Bidang Perekonomian, Erlangga Hartarto, serta juga dihadiri oleh para kepala daerah, termasuk Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman dan perwakilan desa wisata dari 34 Provinsi di seluruh Indonesia.

Menparekraf RI, yang akrab disapa Sandiaga Uno menyebutkan, ajang penghargaan desa wisata  ini diikuti oleh 1.831 desa dengan 7 kategori yaitu Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif, Desa Terbaik Kategori Desa Digital, Desa Terbaik Kategori Homestay, Desa Wisata Terbaik Kategori Toilet Umum, Desa Wisata Terbaik Kategori Suvenir, Desa Wisata Terbaik Kategori CHSE (Cleanliness Health Safety and Environmental Sustainability), dan Desa Wisata Terbaik Kategori Daya Tarik Wisata.


"Melebihi ekspektasi kita. Ini merupakan perjalanan spiritual saya, ini berawal dari sebuah program desa wisata yang awalnya kami tidak terlalu percaya bahwa akan mendapat respon yang luar biasa. Jadi waktu kita memulai targetnya, tadinya 700 kita turunkan 300 supaya tidak mengecewakan. Dan alhamdulillah setelah kita berjuang, menembus ekspektasi, bukan 300 tapi 1.831 desa wisata yang mendaftar," ujar Sandi melansir dari Siaran Pers Kemenparekraf RI.

Dalam kesempatan ini juga, Menparekraf RI berharap agar program ADWI ini bisa terus berlanjut, termasuk meminta dukungan kepada Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian untuk bersama-sama membangkitkan perekonomian melalui desa-desa wisata sehingga memberi dampak yang besar bagi masyarakat desa dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.



“Pak Menko, Mohon dukungan kepada semua pihak untuk membangun bersama-sama untuk homestay agar bisa disentuh dan sarana prasarana yang ada di desa wisata bisa dilakukan mungkin dalam program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Kita bisa membangun sarana-sarana hunian wisata demi kebangkitan Indonesia dan desa wisatalah yang akan menjadi lokomotifnya,” katanya.

Bagi para pemenang dalam acara ADWI 2021 ini, di setiap kategori mendapatkan hadiah berupa uang Rp30 juta untuk Juara 1, Rp25 juta untuk Juara 2, Rp20 juta untuk Juara 3 l, Rp15 juta untuk Juara 4, dan Rp10 juta untuk juara 5.



Berikut Daftar Pemenang ADWI 2021:
1. 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Konten Kreatif
- Juara 5 Desa Wisata Huta Tinggi, Samosir, Sumut
- Juara 4 Desa Wisata Kampung Yoboi Jayapura, Papua
- Juara 3 Desa Wisata Lembang Nonongan, Toraja Utara, Sulsel
- Juara 2 Desa Wisata Gegesik Kulon, Cirebon, Jawa Barat
- Juara 1 Desa Wisata Carangsari, Badung, Bali

2. 5 Desa Terbaik Kategori Desa Digital
- Juara 5 Desa Wisata Sukarame, Pandeglang, Banten
- Juara 4 Desa Wisata Tinalah, Kulon Progo, Yogyakarta
- Juara 3 Desa Wisata Apar, Pariaman, Sumatera Barat
- Juara 2 Desa Wisata Alamendah Bandung, Jawa Barat
- Juara 1 Desa Wisata Tamansari, Banyuwangi, Jawa Timur

3. 5 Desa Terbaik Kategori Homestay
- Juara 5 Desa Wisata Sangiran, Sragen, Jawa Tengah
- Juara 4 Desa Wisata Saribu Gonjong, Lima Puluh Kota Sumatera Barat
- Juara 3 Desa Wisata Untung Jawa, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta
- Juara 2 Desa Wisata Ranupani, Lumajang, Jawa Timur
- Juara 1 Desa Wisata Nusa, Aceh Besar, Aceh

4. 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Toilet Umum
- Juara 5 Desa Wisata Cisande Kampung Raden, Sukabumi, Jawa Barat
- Juara 4 Desa Wisata Bonjeruk, Lombok Tengah, NTB
- Juara 3 Desa Wisata Saung Ciburial, Garut, Jawa Barat
- Juara 2 Desa Wisata Liya Togo, Wakatobi, Sulawesi Tenggara
- Juara 1 Desa Wisata Serang, Blitar, Jawa Timur.

5. 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Suvenir
-Juara 5 Desa Wisata Kole Sawangan, Tana Toraja, Sulawesi Selatan
-Juara 4 Desa Wisata Kampuang Minang Nagari Sumpu, Tanah Datar, Sumatera Barat
-Juara 3 Desa Wisata Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah
-Juara 2 Desa Wisata Koto Mesjid, Kampung Pating, Kampar, Riau
-Juara 1 Desa Wisata Sumberbulu, Karanganyar, Jawa Tengah

6. 5 Desa Wisata Terbaik Kategori CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) - Juara 5 Desa Wisata Ekowisata Burai, Ogan Ilir, Sumatera Selatan
- Juara 4 Desa Wisata Sesaot, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat
- Juara 3 Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong, Mojokerto, Jawa Timur
- Juara 2 Desa Wisata Rejowinangun, Yogyakarta
- Juara 1 Desa Wisata Kampung Betawi, DKI Jakarta.

7. 5 Desa Wisata Terbaik Kategori Daya tarik Wisata
- Juara 5 Desa Wisata Sungai Batang, Agam, Sumatera Barat
- Juara 4 Desa Wisata Senaru, Lombok Utara, NTB
- Juara 3 Desa Wisata Sanankerto, Malang, Jawa Timur
- Juara 2 Desa Wisata Arborek, Raja Ampat, Papua
- Juara 1 Desa Wisata Wae Rebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT