• Bahasa

Menkop UKM RI Dan Wabup Garut Apresiasi Penyelenggaraan PHRI Garut Wisata Explore 2023

7 May 2023 Hanapi 417

GARUT, Tarogong Kaler - Penyelenggaraan Perhimpunan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) Garut Wisata Explore 2023 sukses digelar di Kabupaten Garut.

Dalam malam ceremony yang dilaksanakan di Jalan Ibrahim Adjie, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Sabtu malam (06/05/2023), dihadiri langsung oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Menkop UKM) Republik Indonesia, Teten Masduki, Ketua Umum PHRI, Haryadi Sukamdani, dan Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, serta para pejabat lainnya.



Menkop UKM RI, Teten Masduki, mengapresiasi event yang diinisiasi oleh PHRI Kabupaten Garut ini. Ia menilai jika event ini sangat penting serta semestinya bisa dilaksanakan secara rutin untuk menggerakkan perekonomian dari sektor pariwisata dan perdagangan.

"Saya sekali lagi memberikan apresiasi, ini akan menghidupkan para pelaku UMKM di sektor kuliner, di sektor griya, selain di sektor pariwisata," ujar Teten.



Ia menerangkan jika pemerintah sangat optimis ditengah menghadapi kondisi dunia yang mengalami deflasi. Bahkan, imbuh Teten, pemerintah optimistis tahun ini bisa tumbuh 5,3%.

"Saya kira kita lebih cepat recovery, recovery kesehatan maupun juga recovery ekonomi, asal kita tetap menjaga daya beli masyarakat, termasuk inflasi bisa kita kendalikan,"imbuhnya.



Teten bahkan merasa optimis kondisi itu  masih bisa tumbuh, walaupun harus tetap hati-hati terutama menghadapi iklim yang ekstrem, kekeringan, di mana cuaca dimaksud telah diantisipasi pemerintah dalam hal stok pangan.

Apresiasi juga diberikan Wabup Garut, dr. Helmi Budiman, di mana menurutnya PHRI Garut Wisata Explore 2023 merupakan acara yang luar biasa. Apalagi, Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, pernah memberikan amanat salah satunya untuk memperhatikan pertumbuhan ekonomi dan juga pengendalian inflasi.



"Alhamdulillah sekali lagi tepuk tangan untuk PHRI dan seluruh yang terlibat di sini, karena ini langsung adalah kita melaksanakan arahan dari Bapak Presiden Pak Jokowi, yang langsung waktu itu diamanatkan kepada seluruh kepala daerah seluruh Indonesia 8 amanat dan ini merupakan aplikasi daripada amanat tersebut," ucapnya di hadapan menteri dan seluruh yang semalam.

Wabup Garut juga mengatakan jika acara ini merupakan salah satu rangkaian Hari Jadi ke-210 Kabupaten Garut (HJG)



Senada l Menkop UKM RI, Helmi berharap kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin di Kabupaten Garut.

"Dan mudah-mudahan tadi kalau kata Pak Haji belum dapat hasil daripada rekor apakah diulang atau tidak, sepertinya masyarakat menginginkan ini diulang lagi, betul nggak pak bu ? Jadi acara rutin betul? kita dukung pasti Pak Menteri mendukung ya," harapnya.



Sementara dalam sambutannya Ketua PHRI Kabupaten Garut, Deden Rochim, menuturkan jika 6.000 lebih porsi domba guling sudah habis dan dinikmati langsung oleh masyarakat  Kabupaten Garut yang hadir di acara yang digelar di Jalan Ibrahim Adjie ini.

Ia mengungkapkan jika terselenggaranya acara ini hasil kerja keras dari PHRI Garut  yang dibantu oleh pihak-pihak lainnya, salah satunya yaitu berkat adanya peran dari Indonesia Chef Association (ICA).



"Jadi Indonesia Chef Association ini yang telah mengolah sekian ratus domba, dikumaha eta meuncitna, kumaha eta nyisitna, kumaha eta ngamarinasina dan sampai menyajikannya," ungkapnya.

Deden juga menerangkan jika dalam acara yang sudah direncanakan sejak 5 bulan yang lalu oleh PHRI Kabupaten Garut ini, terdapat 60 booth Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari berbagai bidang usaha.



"Jadi 60 boot UMKM dari berbagai usaha, dan Alhamdulillah inilah salah satu bentuk khasanah atau bentuk sebuah kekayaan yang ada di Garut, terutama ya itu tadi Garut ini adalah salah satu sentra kulinernya Jawa Barat," tandasnya.

Ia berharap tahun depan PHRI Kabupaten Garut bisa kembali melakukan sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.



Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan Rekor MURI penyajian domba guling terbanyak dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Di hari keduanya pada Minggu (07/05/2023), PHRI Garut Wisata Explore 2023 menampilkan beberapa penampilan seni budaya Kabupaten Garut, dan ditutup dengan penampilan Wayang Golek dari Dalang Oja Kosasih Sunandar Sunarya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT