• Bahasa

Miliki 7 Prinsip Dasar, Bupati Garut Sebut PMI Salah Satu Garda Terdepan Dalam Kemanusiaan

21 Dec 2022 Hanapi 489

GARUT, Tarogong Kidul - Palang Merah Indonesia (PMI) Garut disebut sebagai salah satu garda terdepan dalam bidang sosial kemanusiaan. Hal ini dilontarkan Bupati Garut, Rudy Gunawan, karena PMI memiliki 7 prinsip dasar, yakni kemanusiaan (humanity), kesamaan (impartiality), kenetralan (neutrality), kemandirian (independence), kesukarelaan (voluntary service), kesatuan (unity), dan kesemestaan (universality).

"Ini PMI merupakan garda terdepan, karena PMI punya 7 prinsip pelayanan dasar, 7 prinsip dasar, diantaranya prinsipnya adalah kemanusiaan, mau siapapun yang minta tolong maaf tidak (melihat) RAS, tidak apa-apa itu harus dilayani," ujar Bupati Garut ketika memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Garut Masa Bhakti 2022-2027 yang dilaksanakan di Art Center, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Rabu (21/12/2022).



Ia menilai sejak Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, menjabat sebagai ketua, PMI Garut mengalami kemajuan. Hal ini terjadi bukan karena Wabup Garut dan dirinya mengurus langsung Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), akan tetapi karena memang pihaknya memiliki perhatian terhadap PMI Garut.

"Jadi bangunannya dibagusin, alat-alatnya dibagusin, adanya partisipasi masyarakat, kemarin Pak waktu tahun-tahun lalu Puskesmas itu akan mengalami kesulitan ketika dengan tempat perawatan terhadap darah, sekarang kami surplus (atau) kalau dalam pangan tidak impor lah dari Kabupaten Bandung atau Kota Bandung, nah ini (karena) managemennya baik," ucapnya.


 
Bahkan, Rudy mengungkapkan, ditangan dr. Helmi, PMI sekarang sudah memberikan ketenangan kepada seluruh warga Garut, terutama bagi warga yang mengidap talasemia. Sehingga ia berharap, dengan kembali dilantiknya Wabup Garut sebagai Ketua PMI Garut masa bhakti 2022-2027, PMI Garut kedepan akan jauh lebih baik lagi.

Sementara itu, Wabup Garut juga Ketua PMI Garut masa bhakti 2022-2027, dr. Helmi Budiman, menuturkan dirinya bersyukur sekaligus merasa bangga dan bahagia, karena acara pelantikannya bisa dihadiri oleh Ketua PMI Jawa Barat (Jabar), Irjen Pol (Purn) Adang Rochjana, Bupati Garut, hingga Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut.



Ia memaparkan saat ini Kabupaten Garut masih mengambil darah-darah langka dari Bandung, karena memerlukan mesin canggih yang dimiliki oleh Bandung. Akan tetapi hal tersebut nampaknya akan segera teratasi, karena Bupati Garut akan memberikan hibah Apheresis atau alat pengolah darah di Tahun 2023 nanti.

"Mudah-mudahan ini juga bisa, bukan hanya untuk melayanil orang Garut, tapi juga dari Priangan Timur, dari Pangandaran, Ciamis, terus ke sini, ini mudah-mudahan bisa berkiprah lagi untuk priangan timur, jadi untuk priangan timur kemudian kita untuk talasemi," tutur Wabup Garut.



Helmi mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan pasukan-pasukan relawan untuk mendukung Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, tat kala terjadi sebuah bencana di Kabupaten Garut.

"Alhamdulillah akhirnya kita punya korps relawan termasuk di dalamnya PMI dan juga organisasi-organisasi yang lain, baik yang ada di Kabupaten Garut maupun yang ada di Jawa Barat, dan tentu ini merupakan bagian daripada keinginan PMI untuk bisa lebih bermanfaat," katanya.



Di tempat yang sama, Ketua PMI Jawa Barat, Irjen Pol (Purn) Adang Rochjana, berpesan 2 hal kepada kepengurusan PMI Garut yang baru, yakni senantiasa mengharap ridho Tuhan Yang Maha Esa dalam segala kegiatan maupun tindakan, dan bisa bermanfaat bagi orang lain serta alam sekitarnya.

"Cukup itu saja karena apapun yang kita lakukan kalau itu untuk mendapat ridha Allah berarti akan bener, yang kedua tidak perlu juara, tidak perlu hebat kalau dirasa manfaatnya, ini akan memunculkan tanggapan dari masyarakat yang baik," tandasnya.



Berikut kepengurusan PMI Garut Masa Bhakti 2022-2027 :
Pelindung - Bupati Garut
Ketua - dr. H. Helmi Budiman

Ketua Bidang Organisasi, Komunikasi dan IT - Ade Koswara, S.Sos., MH
Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan UTD - Pipin Ramdani
Ketua Bidang Penanggulangan Bencana - Ica Santana, S.Pd., M.Pd
Ketua Bidang Sukarelawan (PMR-KSR-TSR dan Unit Usaha) dan Diklat - Dr. H. Abdul Muis Hamzah, M.Si
Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya (Penggalangan Dana dan Unit Usaha) - Hj. Nina Herlina
Ketua Bidang Kerjasama dan Kemitraan Strategis - Drs. H. Nurdin Yana, MH
Sekretaris - Iwan Riswandi, S.Pd., M.M.Pd
Bendahara - Irwan Ramdani P.J, SE., MP
Anggota Bidang Penanggulangan Bencana dan SDM - H. Mumu Mustofa

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT