• Bahasa

Objek Wisata Unik Bertajuk “Garut Dinoland” Telah Resmi Dibuka

25 Aug 2022 Hanapi 233

GARUT, Tarogong Kaler -  Salah satu objek wisata unik bertema jaman purba di Kabupaten Garut, dengan bertajuk “Garut Dinoland” secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Garut, Agus Ismail, Kamis (25/8/2022).

Objek wisata yang mempertunjukkan beragam hewan purba atau dinosaurus ini berlokasi di  Kampung Cibolerang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.



Kepala Disparbud Garut, yang akrab disapa Agis menyampaikan, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut khususnya Disparbud Garut, ia mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh masyarakat sekitar dan PT. Galexia Wisata Indonesia yang telah memberikan suatu nuansa baru di bidang kepariwisataan di Kabupaten Garut, dengan menghadirkan suatu objek wisata edukasi yaitu Dinoland.

“Tadi Pak Asep begitu luar biasa telah bersinergi berkolaborasi, jadi selama ini bahwa Garut itu sudah terkenal dengan wisatanya. Dan kebanyakan wisata yang ada di Garut itu wisata alam. Wisata wisata apakah itu pantai, gunung, rimba, laut, air terjun dan lain sebagainya,” ucapnya.



Ia bersyukur dengan adanya Garut Dinoland ini, khususnya masyarakat Garut bisa menikmati nuansa objek wisata baru bertajuk Dinoland, yang sebelumnya hanya ada di kota-kota besar yaitu di Taman Mini Indonesia Indah di Jakarta maupun Jatim Park yang berlokasi di Jawa Timur.

“Dengan hadirnya PT. Galexia Wisata Indonesia yang membawa Dinoland di Garut ini mudah-mudahan (menjadi) suatu angin segar bagi Kabupaten Garut untuk memberikan suatu daya saing baru. Bagaimana kita memperkaya keragaman wisata di Kabupaten Garut,” lanjutnya.



Menurutnya, objek wisata di Kabupaten Garut ini dapat memberikan multiplier effect, maka dari itu Pemkab Garut menjadikan wisata sebagai core bisnis di daerahnya. Agis memaparkan, sebagai salah satu program utama pembangunan, wisata mampu mendatangkan para pengunjung, sehingga secara otomatis pasar akan terbuka dan bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

“Orang berjualan tidak perlu datang ke pasar, tapi pasarnya datang sendiri. Orangnya yang datang ke tempat kita. Sehingga kini atas nama kami pemerintah daerah khususnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengapresiasi bagaimana (Dinoland) itu bisa terus berkembang kemudian bersinergi berkolaborasi dengan wisata-wisata yang telah ada,” tuturnya.



Sementara itu, Perwakilan Komisaris PT. Galexia Wisata Indonesia, Anwar Sanusi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada pemerintah daerah beserta warga setempat yang telah mendukung didirikannya Garut Dinoland ini.

Anwar menyatakan, di era serba modern seperti sekarang ini, tentunya masyarakat memiliki kebutuhan akan adanya tempat wisata yang bisa menjernikan pikiran setelah memupuk rasa penat akibat kegiatan sehari-hari.

“Dari penatnya keseharian, kita sekaligus memberikan edukasi kepada para pengunjung. Dengan dukungan dari stakeholder terkait diharapkan dengan dibukanya Garut Dinoland ini berpeluang  dapat memberikan kontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.



Selain sisi edukasi, imbuh Anwar, pembangunan tempat wisata ini juga memiliki arti sangat penting dari sisi ekonomi, yang dapat membuka peluang usaha ataupun membuka ruang kerja bagi masyarakat.

“Selain itu, dengan adanya Garut Dinoland diharapkan dapat menarik wisatawan untuk lebih mengenal segala potensi wisata yang ada di Garut. Dan Garut Dinoland sekaligus juga diharapkan jadi kebanggaan warga Garut,” tuturnya.



Di tempat yang sama, Kepala Desa Mekarjaya, Asep Setiawan mengatakan, Desa Mekarjaya memiliki sebuah keistimewaan yaitu dengan adanya suatu kepercayaan dari Bupati Garut, Rudy Gunawan, dimana Desa Mekarjaya telah mendapatkan SK (Surat Keputusan) sebagai Desa Wisata, juga termasuk ke dalam salah satu program wisata di Kabupaten Garut yaitu Ngumbara Lembur.

“Ngumbara Lembur itu di Garut hanya 5 desa. Dan satu-satunya yang mendapat SK atau kedua program tersebut hanyalah Mekarjaya. Itu tak lepas daripada perjuangan, rintisan dan dukungan daripada semua pihak. Terimakasih. Mudah-mudahan selalu dalam koordinasi,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT