• Bahasa

Pemkab Galarut Pastikan Lokasi Bencana di Dua Kecamatan Masuk Fase Pasca Bencana

5 Dec 2021 Hanapi 682

GARUT, Sukawening - Bupati Garut, Rudy Gunawan, kembali meninjau lokasi bencana banjir bandang di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut, Minggu (5/12/2021).

Bupati Garut menyatakan, saat ini ketersediaan air di lokasi bencana sudah di tercukupi, karena sebelumnya ia telah menugaskan Direktur Utama (Dirut) Perusahan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Intan, untuk menyelesaikan permasalahan air di Kecamatan Sukawening. Bahkan, pihaknya telah memberikan bantuan uang sebesar 1 juta rupiah untuk warga membersihkan rumahnya masing-masing melalui program _cash for work_.



Pemkab Garut tidak akan memperpanjang tanggap darurat di Kecamatan Sukawening, karena beberapa tempat sudah memasuki tahap rekonstruksi.

"Insya Allah sekarang ini kita tidak memperpanjang tanggap darurat, karena beberapa tempat sudah sekarang dalam rangka rekonstruksi, tinggal 1 desa yang perlu mendapatkan perhatian kita (yaitu) Desa Cintamanik, yang ada di Kecamatan Karangtengah, itu yang agak mendapatkan perhatian karena harus ada infrastruktur yang dibuat," tutur Bupati Garut.



Rudy memastikan lokasi bencana ini akan masuk ke fase pasca bencana, sehingga pihaknya akan segera melakukan beberapa perbaikan dan  pengerukan. "Tentu sekarang kita sudah akan masuk ke (fase) pasca bencana, kita perbaiki (juga lakukan) pengerukan, dan juga ada beberapa sodetan yang perlu kita lakukan perbaikan-perbaikan," papar Rudy.

Ia juga menerangkan, pihaknya akan memberikan dana maksimal 50 juta rupiah untuk penyintas bencana yang rumahnya hanyut saat banjir bandang terjadi, serta akan memberikan kompensasi kepada pemilik sawah di lokasi bencana, dengan hitungannya yaitu per satu hektare sawah akan diberikan kompensasi sebesar 5 juta rupiah.



"Nanti sedang dilakukan pendataan oleh dinas teknis masing-masing, kita akan selesaikan pasca bencana ini dengan melakukan langkah-langkah konkret di lapangan, dan tentu kita (lakukan) assesment kenapa ini terjadi ? (dan) kita lakukan perbaikan di masa yang akan datang," terangnya.

Dalam kesempatan ini, Rudy menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah ikut serta membantu  dalam masa pemulihan di lokasi bencana yang terjadi di Kecamatan Sukawening dan Kecamatan Karangtengah Kabupaten Garut.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT