• Bahasa

Pemkab Garut Akan Bantu Warga Terdampak Retakan Tanah di Cikajang

4 Nov 2019 Hanapi 1670

Untuk membantu warga Kampung Sukasari, Desa Mekarsari, Kecamatan Cikajang, Garut yang terkena dampak retakan tanah, Pemerintah kabupaten Garut akan menyiapkan dana alokasi anggaran Belanja Tak Terduga (BTT) tahun 2019.

Hal tersebut dikatakan Bupati Garut H. Rudy Gunawan, saat ditemui usai melantik pejabat fungsional dan struktural di lapang setda Garut, Senin (4/11/2019).

Ditambahkan Bupati, Pemkab Garut masih punya sisa anggaran BTT sebesar Rp23 miliar yang dapat digunakan untuk penanggulangan bencana alam.

"Sisanya banyak karena memang saat ini tidak ada bencana besar, karena kemarau panjang," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkab Garut sebelumnya menggunakan sebagian dana dalam anggaran BTT untuk penanganan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, dan kekeringan.

Dana yang dikeluarkan untuk keperluan tanggap darurat bencana kekeringan pada musim kemarau, menurut dia, sebesar Rp1,5 miliar.

"Kami juga dari Pemkab Garut menyumbangkan Rp200 juta untuk Kota Ambon, untuk pembangunan madrasah di daerah pegunungan," katanya mengenai dukungan Garut bagi upaya penanganan dampak bencana Ambon.

Kalau anggaran BTT tidak habis sampai akhir tahun, maka akan dimasukkan ke sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berkenaan (Silpa).

"Kalau tidak habis tahun sekarang akan Silpa, tapi nanti tahun berikutnya akan disiapkan lagi," katanya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT