• Bahasa

Pemkab Garut Akan Usung Kembali R.A Lasminingrat Sebagai Pahlawan Nasional

3 Jun 2021 Hanapi 967

GARUT, Garut Kota - Raden Ayu Lasminingrat, salah satu pahlawan yang berasal dari Kabupaten Garut, akan diusung kembali untuk menjadi Pahlawan Nasional. Pemerintah Daerah Kabupaten Garut, melalui Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Garut, tengah mempersiapkan langkah-langkah nyata pengusungan yang diawali dengan Pelantikan Panitia Pengusung Raden Ayu Lasminingrat oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan di Ruang Pamengkang, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (3/6/2021).

Sebelumnya, R.A Lasminingrat pernah diusulkan sebagai Pahlawan Nasional pada tanggal 18 Juli 2007. Namun pada tanggal 29 Desember 2010, Kementerian Sosial Republik Indonesia menyebutkan bahwa pengajuan Lasminingrat menjadi Pahlawan Nasional ditunda dikarenakan ada beberapa data yang harus dilengkapi.

Panitia Pengusung R.A. Lasminingrat, terdiri dari tiga tim, yakni Pengarah, Pelaksana, dan Peneliti. Ibu Hj. Diah Kurniasari, didaulat untuk menjadi Ketua Tim Pengarah, dan budayawan Deddy Effendie, yang telah bertahun-tahun meneliti dan mendokumentasikan riwayat perjuangan Lasminingrat, dipercaya menjadi Ketua Tim Peneliti atau Peneliti Utama. Sementara itu, Tim Pelaksana dipimpin oleh Oos Supyadin dan salah satu perwakilan ahli waris Raden Ayu Lasminingrat, Oky Lasminingrat.



Bupati Garut dalam sambutannya mengatakan, pengusungan R.A Lasminingrat ini menjadi salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten Garut agar bisa mendapatkan penghargaan secara nasional dengan menjadi pahlawan nasional.

“Tentunya saya menaruh perhatian yang cukup serius terhadap tokoh-tokoh Kabupaten Garut untuk menjadi dan mendapatkan penghargaan secara nasional karena kami yakin beberapa orang yang kita ajukan sebagai pahlawan nasional mempunyai dasar, dan dasar itu adalah kelayakan dan kepantasan yang bersangkutan mendapatkan penghormatan sebagai pahlawan nasional. Tentu itu dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku,” ucapnya.



Rudy Gunawan menuturkan, pengusungan R.A Lasminingrat menjadi pahlawan nasional ini tengah dalam tahap proses permohonan untuk diuji sebagai calon pahlawan nasional.

“Yang belum diajukan tetapi dalam tahap permohonan diajukan itu adalah RA. Lasminingrat, RA, Lasminingrat itu belum diajukan dan belum diuji sebagai calon pahlawan nasional cuman baru diajukan dan harus dilakukan kelengkapan-kelengkapan sejarah lainnya yang memberikan dukungan terhadap persyaratan pengajuan suatu pahlawan nasional,” kata Rudy.



Ia meyakini, R.A Lasminingrat mempunyai jasa yang besar terutama untuk kaum perempuan di Kabupaten Garut khususnya di bidang pendidikan yang setara.

“Saya yakin bahwa ibu R.A, Lasminingrat mempunyai jasa yang besar terhadap kehidupan terutama kaum wanita Kabupaten Garut, beliau mempunyai empati yang luar biasa terhadap pendidikan yang setara,” pungkasnya.



PANITIA PENGUSUNG R.A. LASMININGRAT

A. Pengarah
Ketua : Hj. Diah Kurniasari
Sekretaris : Deddy Effendie
Anggota : 1. Prof. Dr. Hj. Ieke Sartika Iriani, MS
2. Dr. Hj. Lina Siti Nurwahidah, MPd
3. Diana Ratna Inten, S.H.

B. Pelaksana
Ketua : Oos Supyadin, S.E., M.M.
Wakil Ketua : Oky Lasminingrat
Sekretaris : Inda Nugraha Hidayat, A.Md.
Bendahara : Dra. Hj. Lilis Rostina
Bidang Umum : Asep Zaenal Muttaqien, S.Sos.
Bidang Media dan Publishing : Ferdy Yudha Pratama, S.Pd., M.Hum.
Bidang Humas & Kelembagaan : Ani Suhartini S.Pd., M.Pd.
Bulan Tresyana
Bidang Literasi & Kepustakaan : Darpan, S.Pd., M.Pd.
Bidang Penyusunan : Deddy Effendie

C. Panitia Peneliti/Pengkaji
Peneliti Utama : Deddy Effendie
Anggota Peneliti : 1. Darpan, S.Pd., M.Pd.,
2. Oos Supyadin, S.E., M.M.
Tenaga Pendukung : 1. Inda Nugraha Hidayat, A.Md.
2. Ferdy Yudha Pratama, S.Pd., M.Pd.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT