• Bahasa

Pemkab Garut MoU Dengan Kejari Garut Tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha

7 Apr 2022 Hanapi 629

GARUT, Tarogong Kidul - Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyatakan, kepala daerah tidak mempunyai hubungan dengan keuangan daerah karena telah dilimpahkan seluruhnya kepada para pengguna anggaran.

"Tanggal 31 desember saya telah melimpahkan semua segala kekuasaan saya kepada para pengguna anggaran dan kepada pejabat pengelola keuangan daerah yang bertindak sebagai BUD (Bendahara Umum Daerah)," katanya usai melaksanakan Penandatanganan Nota Kesepakatan Antara Pemerintah Daerah dan Kejaksaan Negeri Garut Tentang Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha yang dilangsungkan di Aula Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (7/4/2022).



Bupati mengingatkan kepada para Pengguna Anggaran (PA) untuk melakukan konsultasi jika ada permasalahan dalam pengelolaan keuangan maupun barang.

Dalam kesempatan ini, Bupati Garut berterimakasih kepada Kepala Kejaksaan Negeri Garut atas kerja samanya dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut.

"Ibu Kajari yang saya hormati tentu kami (ucapkan) terimakasih ada kerja sama ini, dan ini merupakan bagian preventif kita untuk menjaga diri kita, keluarga kita, anak cucu kita," ucap Bupati Garut.



Sementara, Kajari Garut memaparkan, kerja sama ini merupakan tidak lanjut dari MoU yang sudah ada sebelumnya. Ada beberapa hal yang menjadi ruang lingkup MoU ini, imbuh Neva, diantaranya adalah bantuan hukum dan pendampingan hukum.

"Kemudian dalam penegakkan hukum, pelayanan hukum, yang memang tusi (tugas fungsi)-nya langsung kepada perdata dan tata usaha negara, akan tetapi memungkinkan sekali kegiatan di luar yang bisa kita lakukan di dalam apa namanya bidang perdata dan tata usaha negara," ucapnya.



Sementara, bentuk dari tindak lanjut kerja sama ini salah satunya adalah pendampingan hukum terhadap pelaksanaan kegiatan pembangunan proyek di Kabupaten Garut dan pendampingan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di desa-desa.

"Nah ini karena penguatan untuk di desa-desa sangat penting terkait dengan banyaknya tadi disampaikan oleh Pak Bupati, misalnya saja dana desa kemudian banyak dari pemerintah desa yang memang harus tetap didampingi terkait dengan kualitas atau SDM kepala desa nya," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT