• Bahasa

Pemkab Garut Mulai Salurkan Beras Kepada 239.821 KK

19 Jul 2021 Hanapi 935

GARUT, Garut Kota – Bupati Garut, Rudy Gunawan meresmikan dimulianya penyaluran bantuan sosial (bansos) berupa beras. Launching tersebut ditandai dengan penyerahan secara simbolis bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 6 orang perwakilan dari beberapa kecamatan di Kabupaten Garut, yang dilaksanakan di Area Gedung Pendopo, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (19/7/2021). Turut hadir Ketua DPRD, Hj. Euis Ida Wartiah, dan unsur forkpimda lainnya.

Rudy Gunawan menegaskan untuk pendistribusian bantuan sosial berupa beras akan dilakukan secara sistemik agar bantuan bisa diterima oleh KPM khususnya program bantuan PKH dan BST yang ada di Kabupaten Garut.



“(Untuk pendistribusian) Iyakan sistem sudah ada, pendamping PKH kan sudah ada, nanti mana-mananya daftarnya kan sudah ada, jadi kita tidak sporadis ada daftar, ada jadwal yang sudah disesuaikan,” katanya.

Rudy menyebutkan, jumlah dari penerima bantuan ada sekitar 239.821 KK, yang akan diselesaikan dalam kurun waktu kurang lebih 15 hari. Selain itu, Rudy mengimbau kepada RT/RW setempat untuk melakukan mobiling dalam rangka mengecek warga yang belum menerima bantuan agar bisa segera ditangani.



Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Garut, Ade hendarsyah mengatakan setiap KPM bantuan akan menerima paket 10 kilogram beras.

“Kita ini mendapat kuota untuk penerima bantuan beras PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) 2021 di Garut itu ada 239.821 keluarga penerima manfaat, terdiri dari 153.914 untuk KPM PKH, dan 85.907 untuk KPM BST, masing-masing mendapatkan paket 10 kilogram beras, sehingga Bulog Garut harus menyiapkan 2398 ton beras,” kata Ade.



Dalam penyaluranya, sebut Ade, pihaknya akan bekerja sama dengan 3 pilar yang ada di tingkat pemerintahan dari mulai kecamatan, desa, sampai dengan RT/RW.

“Kami juga menggerakkan semua rekan-rekan pendamping program bantuan sosial, baik itu pendamping PKH, maupun Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan atau TKSK,” ujarnya.



Pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Bulog demi kelancaran proses penyaluran bantuan. Ia berharap penyaluran bansos berupa beras ini akan secepatnya bisa tersalurkan kepada masyarakat penerima program bantuan.

“(Untuk target penyaluran) kita ingin secepatnya ini tersalurkan, kami terus berkoordinasi dengan Bulog, karena bulog yang diamanahi oleh Pemerintah Pusat, untuk bisa salur sampai ke titik salur di tingkat KPM, kemampuan kapasitas alat transportasi misalnya, kemudian perhitungan kita nih KPM ini juga kan harus kita atur pada saat pengambilan berasnya,” tandasnya.



Adapun penerima penerima bansos sebanyak 10 kg beras, secara simbolis diantaranya sbb :
1. Kelurahan Pakuwon Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Lina Mariani)
2. Kelurahan Pakuwon Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Erni Ernawati)
3. Kelurahan Paminggir Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Lilis Watmanah)
4. Kelurahan Pakuwon Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Suryatiningsih)
5. Kelurahan Paminggir Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Gina Gustina)
6. Kelurahan Paminggir Kec. Garut Kota :
(Secara simbolis kepada Sdr. Dini Rahmawati)

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT