• Bahasa

Pemkab Garut Serahkan 7 Set Perahu Kepada Nelayan

17 Sep 2022 Hanapi 491

GARUT, Cikelet - Selain menjadi objek wisata alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, Kabupaten Garut dengan kawasan bahari, juga menjadi mata pencaharian bagi sebagian masyarakat yang berada di daerah Garut bagian selatan, yakni nelayan.

Guna memaksimalkan potensi tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menyerahkan 7 set perahu kepada nelayan yang berada di daerah Garut bagian selatan. Ketujuh set perahu itu diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, disaksikan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Garut, Sofyan Yani.



"Ya jadi para nelayan itu kan ingin memaksimalkan hasil tangkapannya, terutama tadinya kita ingin membantu nelayan lobster, karena selama ini kan nelayan lobster itu pakai perahu karet, nah ternyata kalau ke tengah perahu karet (tetap) harus pake kapal juga nah itu," ujar Wabup Garut seusai melaksanakan penyerahan kapal di Pantai Taman Manalusu, Kecematan Cikelet, Kabupaten Garut, Sabtu (17/9/2022).

Ia berharap pemberian perahu yang diberikan oleh Pemkab Garut, bisa memaksimalkan penangkapan ikan dari para nelayan, dan bisa melebihi target tangkapan ikan yang telah ditentukan.



"Karena target ikan kita itu tahun kemarin kita memang melebihi target ya (sekitar) 1.700 ton ya, nah sekarang kita baru 900 sekian, jadi masih kurang 600 an (ton) lagi lah. Ya mudah-mudahan dengan adanya bantuan perahu ini, bisa lebih cepat tercapai (targetnya), atau lebih daripada target ikan yang dihasilkan," harapnya.

Wabup Garut menjelaskan jika dalam 1 set perahu ini terdapat beberapa alat pendukung bagi para nelayan untuk menangkap ikan, seperti perahu lengkap dengan mesinnya, GPS atau _Global Positioning System_, pelampung, hingga jaring.



"(Harapannya) kesejahteraan (nelayan) meningkat, kemudian juga kita juga (bisa) dapat ikan banyak ya, karena kan kita ada gerakan makan ikan, (dan) ujungnya itu (peningkatan ekonomi), ujungnya ekonomi kita meningkat," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT