• Bahasa

Pemkab Garut Siap Dukung Rencana Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Di Garsel

3 May 2023 Hanapi 479

GARUT, Garut Kota - Bupati Garut, Rudy Gunawan, menerima kunjungan kerja dari Ketua Forum Kordinasi Desain Penataan Daerah (FORKODETADA) Jawa Barat dan Forum Pengkajian Pengembangan Garut Selatan (FPPGS) di Ruang Pamengkang, Pendopo Garut, Rabu (03/05/2023). Kedatangan tim FORKODETA dan FPPGS ini dipimipin langsung oleh ketua FORKODETA, Holil Aksan Umarzen.

Selain kedatangan tim FORKODETA dan FPPGS, Bupati Garut juga menerima tamu kehormatan yaitu salah satu tokoh nasional yang pernah menjabat sebagai Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni Erman Suparno, yang datang dan membahas terkait rencana pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Kabupaten Garut bagian Selatan atau Garsel.



Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyampaikan berkaitan dengan gagasan besar yang disampaikan oleh Erman Suparno,di mana pihaknya memerlukan beberapa tahapan, salah satunya menyajikan suatu proposal tentang apa yang akan dilakukan di wilayah Garsel. Pemerintah Daerah (Pemda) Garut sendiri  siap memberikan dukungan terhadap hal tersebut, dan akan berkomunikasi dengan semua stakeholder yang ada di wilayah selatan Kabupaten Garut .

"Jadi intinya pertemuan hari ini beliau memaparkan bagaimana caranya Garut selatan itu maju, ini caranya, nah harus dibuatkan suatu studi dan lain sebagainya, (intinya) pemerintah daerah membuktikan dorongan yang baik untuk ini," tegas Bupati Garut



Sementara itu, Erman Suparno menuturkan, jika pengembangan KEK di wilayah selatan Garut ini merupakan keinginan masyarakat yang dipimpin oleh FORKODETA, untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Garut di bagian selatan.

"Oleh karena itu saya ke sini diskusi sama Pak Bupati dan ketua forum, itu potensi apa tadi sudah dipaparkan, ternyata potensinya sangat banyak jadi sangat sayang kalau tidak dikembangkan," tutur Erman.

Berdasarkan paparan yang ia sampaikan, dapat disimpulkan bahwa kemungkinan besar program yang akan dikembangkan di KEK Garsel ini adalah segmen pariwisata, yang dimulai dari pariwisata agro, bahari, dan masih banyak lagi yang lainnya.



Di tempat yang sama, Ketua FORKODETA, Holil Aksan Umarzen, mengatakan jika rencana pengembangan KEK di wilayah selatan Garut ini mendapat sambutan baik dari Bupati Garut. Terlebih, imbuh Holil, pihaknya juga mendapatkan dukungan dari Erman Suparno yang juga merupakan salah satu tokoh nasional di Indonesia.

"Pertama saya terima kasih Pak Bupati mau membiayai gagasan kawasan ekonomi khusus Garut Selatan untuk pembiayaan perencanaan, masterplan, studi banding, desain dan semuanya, sehingga nantinya menjadi pemberkasan untuk usulan ke tingkat pusat melalui rekomendasi itu. Jadi Jawa Barat juga sudah mulai merespon baik dan dari pihak Pusat juga sudah merespon baik," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT