• Bahasa

Pemkab Garut Siap Penuhi Kebutuhan Sayuran Masyarakat Menjelang Lebaran

11 May 2021 Hanapi 468

GARUT, Cigedug – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengikuti kegiatan panen raya sayuran di Kebun Eptilu, Desa Barusuda, Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut, Senin (10/5/2021). Kegiatan ini dalam rangka memenuhi kebutuhan pasar menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Bupati Garut mengatakan, 3 hari sebelum hari raya pihaknya melakukan panen sayuran salah satu diantaranya adalah cabai merah. Untuk harga pasar cabai merah sendiri pada saat ini berada di angka 45 ribu rupiah.

“Hari ini kita panen cabe merah, ini ada di Cigedug Kabupaten Garut hari ini 10 Mei 2021, 3 hari sebelum idul fitri, kita drop hari ini ke pasar jadi pasokan tetap ada untuk membuat masakan hidangan lebaran. Harganya sekarang sekitar 45ribu, di sini harganya sekitar 40 ribu,” kata Bupati.



Rudy Gunawan menerangkan, hasil dari satu pohon cabai merah adalah sebesar 8 ons. Untuk keuntungan dari cabai merah sendiri bisa mencapai 300 juta.

“Ini akan menghasilkan kurang lebih 8 ons perpohon, kalau harganya 40ribu kita akan mendapatkan 38 ribu sedangkan biaya produksinya hanya 10 ribu. Untungnya 30 ribu kalau kita punya 10 ribu untuk yang 300 juta,” ucap Bupati Garut.



Tak hanya mengikuti kegiatan panen sayuran, Bupati Garut juga mengecek mobil tempat penyimpanan sayuran yang bisa digunakan untuk menyimpan sayuran yang cepat busuk selama 5 hari. Bupati mengatakan pihaknya akan mengembangkan cool storage pada tahun depan agar bisa digunakan oleh para kelompok tani.

“Ini tempat penyimpanan cool storage untuk hasil pertanian holtikultural yang cepat busuk, ini bisa untuk 5 hari lagi. Kami akan kembangkan insyaallah Pemda Garut tahun depan akan membuat mobil ini digunakan kelompok tani terhadap hasil koltikultural yang cepat busuk,” ujarnya.



Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Beni Yoga Gunasantika menuturkan kelompok tani binaannya telah bermitra dengan beberapa pasar seperti Eden Farm dan Paskomnas. Ia juga mengatakan pihaknya siap memenuhi kebutuhan masyarakat terkait sayuran menjelang hari raya.

“Jadi harga pasarnya sudah dijamin, offtaker-nya sudah ada, nah ini juga kumpulan para petani milenial di wilayah untuk mendukung pasokan hari raya saya kira Kabupaten Garut sangat siap untuk memenuhi kebutuhan yang dibutuhkan oleh konsumen,” ujar Beni.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT