• Bahasa

Pemkab Garut Terima Bantuan Untuk Pendidikan Dari Yayasan Bakti Barito

18 Jul 2022 Hanapi 281

ARUT, Tarogong Kidul -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Garut menerima  bantuan untuk pendidikan dari Yayasan Bakti Barito kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut. Bantuan senilai 50 juta rupiah ini, diterima secara simbolis oleh Bupati Garut, Rudy Gunawan, bersamaan dengan pelaksanaan kick off  Temukan Obati Sayangi anak Stunting (TOSS), pada pelaksanaan Apel Gabungan yang diselenggarakan di Lapangan Sekretariat Daerah (Setda) Garut, Jalan Pembangunan, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (18/7/2022),

Dalam amanatnya, Bupati Garut mengatakan, pihaknya telah mendapatkan banyak bantuan dari Yayasan Bakti Barito, sehingga ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada yayasan nirlaba milik Barito Pasifik Group ini.



"Kami telah mendapatkan banyak bantuan, misalnya bagaimana aspal plastik dijadikan bagian untuk memperkuat dan memperkokoh konstruksi hotmix di Kabupaten Garut, kita juga menerima (bantuan) hari ini 50 juta untuk pendidikan, sebelum-sebelumnya adalah untuk lingkungan dan lain sebagainya," ujar Bupati Garut.

Ia mengatakan Barito Pasifik Group memiliki salah satu anak perusahaan di Kabupaten Garut, yakni Star Energy Geothermal yang berlokasi di kawasan Darajat, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut.



Rudy mengungkapkan Star Energy Geothermal setiap tahun  selalu memberikan dana sebesar 22 miliar rupiah kepada Pemkab Garut sebagai bonus produksi dari perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di Indonesia.

"22 miliar (dan) disampaikan kepada APBD dan kami berikan ke desa 50 persen, kami berikan untuk pesantren, kami berikan untuk yayasan-yayasan yang berhubungan dengan lingkungan dan lain sebagainya, kita dengan Perbub kita buatkan (agar) transparan mengenai penggunaan bonus produksi," ungkapnya.



Sementara itu, Direktur Yayasan Bakti Barito, Dian A. Purbasari, menuturkan, Yayasan Bakti Bariro merupakan yayasan atau badan nirlaba dari Barito Pasifik Group, yang senantiasa peduli terhadap pendidikan dan lingkungan di seluruh Indonesia.

"Nah, khususnya untuk Garut kami memang kan ada anak usaha kami yaitu Star Energy Geothermal yang berada di Darajat, untuk itu kami selalu punya consern (perhatian) untuk bagaimana kita bisa bersama-sama memajukan pendidikan dan juga kualitas lingkungan hidup di Garut khususnya," tutur Dian.



Pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan beberapa dinas di lingkungan Pemkab Garut, seperti Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Garut, Dinas Pendidikan (Disdik) Garut, dan nantinya akan dilanjutkan bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Garut.

"Di situ (Disdik) kami akan bekerja sama memperkuat sekolah-sekolah untuk pendidikan lingkungan melalui sekolah adiwiyata, dan untuk di Dinas PUPR kami men-support untuk aspal plastik, jadi pengelolaaan sampah di Garut nantinya akan bisa terkelola dengan baik, sesuai dengan target pemerintah," katanya.



Berkaitan dengan bantuan yang hari ini diserahkan kepada Pemkab Garut, ia menyebut hal tersebut dalam rangka memberikan bantuan bagi sekolah-sekolah yang terkena dampak dari bencana banjir dan tanah longsor yang terjadi Kabupaten Garut.

"Untuk bantuan tersebut tentunya (diharapkan) bisa membantu anak-anak untuk bisa langsung segera sekolah lagi sesegera mungkin, dan juga dapat membantu pembangunan kembali sekolah mereka dan peralatan (sekolah) mereka yang rusak seperti itu," tandasnya.

Pada kesempatan ini juga, dilaksanakan penyerahan bantuan dari Bank BJB Garut, Baznas Garut, serta penyerahan kadeudeuh kepada para peserta yang berprestasi dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan pada bulan Juni lalu.



www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT