• Bahasa

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kabupaten Garut Digelar Secara Virtual

11 Nov 2020 Hanapi 447

GARUT, Garut Kota – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1442 Hijriyah Tingkat Kabupaten Garut, digelar secara virtual dan disiarkan di Command Center, Garut Kota, Kabupaten Garut, Rabu (11/11/2020).

Bupati Garut, Rudy Gunawan, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Garut, Nurdin Yana, mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hakikatnya merupakan wujud penghormatan yang dalam kepada Nabi Muhammad SAW.

“Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hakikatnya merupakan wujud penghormatan yang dalam kepada nabi kita semua Nabi Muhammad SAW. Pada diri beliau terpancar keagungan seorang rasul, kecerdasan luar biasa, serta kepribadian mulia. Melalui proses panjang selama 10 tahun saja di Madinah beliau berhasil menciptakan tatanan masyarakat yang adil, aman, damai dan sejahtera hingga saat ini yang dianggap sebagai cerminan tatanan masyarakat yang ideal,” ujar Bupati.



Bupati menambahkan awal musim penghujan menjadi penanda awal munculnya bencana alam di Kabupaten Garut, karena Garut menjadi salah satu daerah yang rawan terkena bencana.

“Awal musim penghujan menjadi penanda awal munculnya bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, dan lain sebagainya, termasuk yang melanda Kabupaten Garut di wilayah selatan beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Oleh sebab itu Bupati Garut, dalam kesempatan tersebut menyampaikan pesan agar mengambil inspirasi teladan Nabi Muhammad SAW dalam memotivasi diri, serta mewanti-wanti warga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan hingga senantiasa siaga di musim penghujan ini, dan mengajak semua elemen warga untuk terus bersinergi.



“Saya mengajak segenap elemen warga untuk bersinergis mengedepankan akhlaqul karimah dalam mengisi proses pembangunan guna terealisasikannya Kabupaten Garut yang Bertaqwa, maju dan Sejahtera,” ucapnya
 
Semenatara itu, Ketua Dewan Kyai Pesantren Al-Fauzan, KH. Aceng Aum  Umar Fahmi, yang bertindak sebagai penceramah dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, mengatakan bahwa peringatan maulid nabi, bukan hanya memperingati kelahiran nabi saja, namun ada nilai-nilai luhur yang bisa diperingati.

“Secara implisit, memperingati maulid nabi tidak hanya meperingati kelahiran sosok manusia istimewa, melainkan kita juga memperingati nilai-nilai luhur sosial, kita juga memperingati nilai-nilai luhur peradaban manusia, kita juga memeperingati nilai-niai luhur ilmu pengetahuan, kita juga memperngati nilai-nilai nasionalisme,” ujar Aceng.



Aceng menambahkan dalam menghadapi wabah Covid-19 ini, bukan waktnuya untuk memberikan stigma negatif terhadap orang-orang yang terpapar Covid-19.

“Saat ini kita bersama sedang menghadapi wabah yang notabene musibah bersama, tidak perlu kita memandang inferior, tidak perlu kita memandang subordinat, tidak perlu kita memandang marjinal, kepada sahabat sahabat kita yang terkonfirmasi, terinfeksi karena ini adalah musibah bersama, kita lakukan protokol kesehatan sebagaimana yang dianjurkan oleh pemerintah dengan jajaran kesehatannya, karena itu adalah salah satu akhlak nabi, karena itu adalah salah satu hal yang dicontohkan dan diteladankan oleh nabi Muhammad SAW,” pungkasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT