• Bahasa

Polres Garut Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lodaya Tahun 2022

3 Oct 2022 Hanapi 221

GARUT, Karangpawitan – Kepolisian Resor (Polres) Garut menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Lodaya Tahun 2022 yang dilaksanakan di Markas Polres Garut, Jalan Raya Suci, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Senin (3/10/2022).

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum, Budi Gan Gan Gumilar mengatakan, Operasi Zebra Lodaya ini merupakan salah satu kegiatna rutin yang dilaksanakan oleh Polres Garut. Menurutnya, ini merupakan salah satu bentuk penegakkan ketertiban lalu lintas yang ada di Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan dengan adanya Gelar Pasukan Operasi Lodaya ini, pelayanan terhadap masyarakat khususnya, masyarakat lalu lintas yang ada di Kabupaten Garut yang menuju atau keluar Kabupaten Garut bisa dilayani dengan baik,” ucapnya.



Sementara itu, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono mengungkapkan, mengenai pelanggaran lalu lintas, pihaknya akan melakukan penindakan pelanggaran tergantung degredasi pelanggarannya. Ia menyebutkan, kali ini pihaknya akan melakukan penegakkan hukum dengan inovasi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) Mobile.

Etle Mobile sendiri merupakan suatu sistem yang akan mencatat, mendeteksi, dan memotret pelanggaran lalu lintas, sehingga nantinya polisi lalu lintas (polantas) bisa melakukan penilangan secara mobile.

“Meskipun dalam operasi ini dikedepankan memang operasi simpatik, namun demikian tetap ada langkah penegakan hukum yang dilakukan dengan inovasi secara E-tle mobile, yang nanti akan kami kembangkan melalui Satlantas Polres Garut,” ucap Kapolres Garut.



Kapolres Garut mengatakan, meskipun pihaknya belum memiliki peralatan Etle Mobile, namun di mulai pada tanggal 3 Oktober ini pihaknya sudah mulai melakukan penindakan pelanggaran lalu lintas berupa penilangan secara elektronik menggunakan _smartphone_.

“Iya nanti tentunya akan direkam, jadi pada saat itu nanti anggota kami akan melakukan patroli secara mobile maupun yang stasiuner nanti akan menggunakan smartphone, merekam pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat, kemudian dari situ kami akan memproses secara penilangannya, ataukah nanti juga kami menerapkan metode, kami akan kirimkan surat tilangnya nanti langsung kepada alamat yang bersangkutan,” ucap Kapolres Garut.

Ia menyampaikan, dalam operasi kali ini pihaknya melaksanakan operasi secara humanis dengan lebih mengedepankan operasi simpati. Meskipun begitu, imbuh Kapolres Garut, pihaknya akan melakukan degradasi pelanggarannya apakah pelanggaran tersebut betul-betul mengganggu keamanan, keselamatan, ketertitban, dan kelancaran lalu lintas.



Terakhir, ia mengatakan bahwa dibandingkan dengan tahun lalu, pelanggaran kecelakaan di wilayah Kabupaten Garut relatif menurun. Namun demikian, Kapolres Garut mengatakan pihaknya akan terus melakukan langkah-langkah preventif untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Saya sudah arahkan seluruh polsek apabila ada beberapa lokasi troublespot yang memang ada di wilayahnya, untuk diberikan imbauan serta dilakukan langkah-langkah mitigasi bersama dengan unsur lalu lintas dan angkutan jalan lainnya,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT