• Bahasa

Sambut Idul Fitri, Bupati Garut Ikuti Silaturrahmi Bersama Gubernur Secara Virtual

13 May 2021 Hanapi 764

GARUT, Garut Kota – Menyambut Hari Raya Idul Fitri, Bupati Garut Rudy Gunawan, mengikuti kegiatan silaturrahmi bersama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang diikuti oleh kepala daerah di Provinsi Jawa Barat, secara virtual melalui video telekonferensi di Command Center, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Kamis (13/5/2021).

Dalam kegiatan ini, Gubernur Jawa Barat mengklaim 99 persen warga di Jawa Barat taat kepada aturan pemerintah untuk tidak mudik terlebih dahulu demi mencegah penularan Covid-19.

“Saya laporkan kalau semua pemudik di seluruh Jawa Barat ini mudik kurang lebih 6 juta orang, dan yang mengatakan ngotot pengen mudik di Jawa Barat ada sekitar 7 persen. Jadi kurang lebih 400 ratusan ribu yang rada ngotot ingin pulang. Di dalam catatan kita di bawah 60 ribu yang balik kampung di Jawa Barat kalau tidak salah itu artinya 1 persen. Jadi 99 (persen) patuh pada aturan pemerintah,” kata Ridwan Kamil.



Selain itu, ia juga menuturkan, untuk saat ini keterisian rumah sakit di Jawa Barat mencapai rekor terendah yaitu hanya 30 persen rumah sakit yang terisi, hal ini berbeda dengan tahun kemarin (2020), di mana keterisian rumah sakit hampir mencapai 60 persen.

“Keterisian rumah sakit di Jawa Barat mencapai rekor yang terendah selama setahun terakhir yaitu hanya 30 persen. Tahun 2020 kita tahu keterisian rumah sakit itu 50-60 (persen) naik hampir 80 (persen) di tahun baru nah sebelum lebaran turun drastis di 36 persen,” katanya.



Gubernur berpesan kepada para kepala daerah di Jawa Barat untuk tetap siaga terhadap kerumunan masyarakat. Ia juga meminta untuk tetap terus mengumandangkan jangan mudik sampai tanggal 17 Mei 2021.

“Saya titipkan jangan mudik itu masih terus kita kumandangkan sampai tanggal terakhir di tanggal 17 kalau tidak salah terkait penanganan pengendalian mudik ini. Khususnya pariwisata juga itu dikendalikan jangan sampai nanti rakyat marah karena mudik dilarang tapi pariwisata tidak terkendali, berkerumun, dan lain-lain. Jadi kita pastikan tempat-tempat keramaian waspada dan siaga,” tandasnya.



Di Kabupaten Garut sendiri, rangkain perayaan Idul Fitri berlangsung sederhana. Baik Bupati, Wakil Bupati lebih  memilih berkumpul dengan kelurga. Bupati Rudy Gunawan, usai melaksanakan shalat ied di mushola ramah dinasnya, tidak melaksanakan open house. Beserta istri dan keluarganya, usai silaturahmi virtual langsung menuju kampung halaman di Wanaraja.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT