• Bahasa

Sampah Berserakan di Objek Wisata, Wabup Garut Ajak Masyarakat Untuk Jaga Lingkungan

6 May 2022 Hanapi 437

GARUT, Banyuresmi - Terkait banyaknya pemberitaan sampah yang memenuhi objek wisata, Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Objek Wisata Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Kamis malam (5/5/2022).

Dalam inspeksi ini, Wabup Garut didampingi Dinas Pariwisata Kabupaten Garut, Dinas Lingkungan Hidup, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Komisi 4, Karnoto dan Yuda Puja Turnawan, dan Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Banyuresmi.



Dalam inspeksinya Wabup Garut melihat masih terdapat banyak sampah yang berserakan di area objek wisata Situ Bagendit. Ia juga sangat menyayangkan sikap warga yang membuang sampah sembarangan sehingga mengotori beberapa area Situ Bagendit.

"Kita pelihara ya, dan juga mari kita buang sampah pada tempatnya karena tempat-tempatnya sudah kita siapkan, sudah kita sediakan, jangan sembarang lempar, jangan sembarang buang," kata Wabup Garut.



Ia mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga lingkungan khususnya di beberapa objek wisata dengan membuang sampah pada tempatnya, sehingga dapat terawat dengan baik karena ini juga merupakan hasil kerja keras pemerintah dan masyarakat Garut.

"Karena ini adalah hasil kerja keras kita sehingga (harus) tetap indah. Mari kita buang sampah pada tempatnya," tandasnya.



Wabup Garut menyebutkan, salah satu  permasalahan sampah ini adalah akibat dari _over capacity_ pengunjung, selain karena promosi Situ Bagendit yang begitu gencar, sehingga mengakibatkan banyaknya pengunjung.

"Dengan banyaknya pengunjung, karena merasa masyarakat Garut itu sudah dua tahun enggak bisa mudik, ditambah lagi promosi bagendit yang begitu gencar," ucapnya.



Di samping itu, pihaknya merasa  bangga dengan keberadaan Objek Wisata Bagendit ini sebagai salah satu  aset mahal yang harus dijaga dan dipelihara.

"Tapi ini harus dijaga dengan sebaik-baiknya agar aset ini bisa dinikmati bukan hanya oleh kita, dalam jangka waktu yang lama dan mari kita pelihara," ujarnya.



Ia menegaskan permasalahan sampah memang tanggung jawab bersama khususnya pemerintah daerah. Menurutnya, ia melibatkan semua unsur mulai dari karyawan, petugas sampah, pedagang, dan pengunjung, semua memiliki tanggung jawab atas kebersihan sampah.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT