• Bahasa

Sebanyak 60 Tenant Ramaikan Festival Baso Aci Tahun 2023

17 Mar 2023 Hanapi 211

GARUT, Garut Kota - Festival Baso Aci kembali digelar di Kabupaten Garut. Festival Baso Aci Garut Tahun 2023 ini diselenggarakan oleh Event Organizer Vortable, dan dibuka secara resmi oleh Camat Garut Kota, Teten Sundara di Alun-alun Garut, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Jum'at (17/3/2023).

Camat Garut Kota, Teten Sundara mengapresiasi kegiatan ini. Ia juga menyarankan kepada para pelaku usaha baso aci untuk membentuk sebuah koperasi sehingga dapat lebih berkembang lagi.

"Coba dari paguyuban ini bentuk menjadi koperasi, jadi kuat modalnya dari kita, oleh kita, untuk kita. Berapa iuran wajibnya, bikin nanti koordinasi dengan Dinas Koperasi, jadi ada event-event itu tidak begitu sulit karena kita punya wadah," ucap Camat Garut Kota.



Ia juga menambahkan, berkat adanya kegiatan yang diselenggarakan di Alun-alun Garut ini, tak hanya pelaku usaha baso aci, namun juga pedagang maupun non pedagang di sektor lain seperti tukang parkir, pedagang minuman dan lainnya jadi lebih makmur karena banyaknya pembeli.

Penanggung Jawab Festival Baso Aci, Aceng Hilman Umar Ansory, menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung penuh terhadap kegiatan masyarakat yang meningkatkan perekonomian. Ia menuturkan, bahwa Indonesia masih bisa bertahan ketika dilanda resesi ekonomi global karena banyaknya para pedagang kecil, dan masyarakat yang ingin membeli dagangan dari pada pedagang kecil.

"Karena dengan ekonomi kerakyatan itulah kita bisa bertahan walaupun ada resesi ekonomi global. Karena kalau perusahaan-perusahaan besar saja yang kemudian menjadi sebuah penopang negara, maka ketika dilanda resesi ekonomi pasti ekonomi negaranya ambruk," ucapnya.



Ia menerangkan, bahwa Festival Baso Aci ini merupakan salah satu cara untuk mengangkat perekonomian masyarakat agar semakin naik, salah satunya melalui makanan khas Garut yaitu baso aci.

"Mudah-mudahan kegiatan-kegiatan yang seperti ini harus terus dilanjutkan, harus terus ditingkatkan, dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang mampu memacu perekonomian masyarakat," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Direktur Vortable, Dhani Omar Dhien mengucapkan terimakasih kepada jajaran pemerintah daerah yang telah memberikan kesempatan bagi pihaknya untuk menggelar acara ini. Ia menerangkan, bahwa acara ini diselenggarakan selama 3 hari yaitu mulai Jum'at, 17 Maret 2023 - Minggu, 19 Maret 2023, di mana akhir pekan di minggu ini merupakan Minggu terakhir sebelum memasuki bulan suci Ramadan.



"Jadi ini adalah event yang memang dibuat atau digarap ingin menjadi event tahunan, sehingga bisa dianggap sebagai event munggahannya orang Garut, jadi ke depan orang-orang bukan dari Garut saja tapi juga dari luar kota sudah tahu bahwa ketika mau masuk bulan puasa atau bulan suci Ramadan, di Garut itu pasti ada yang namanya Festival Baso Aci," ucapnya.

Ia menyampaikan, bahwa dalam dua kali pelaksanaan Festival Baso Aci sebelumnya, dapat diketahui bahwa masyarakat sudah banyak mengenal tentang baso aci, yang saat ini sudah bisa dianggap makanan khas dari Kabupaten Garut, mulai dari yang tadinya dijual secara langsung dan kini sudah banyak dijual dalam bentuk kemasan bahkan diekspor ke luar negeri.

"Nah harapannya teman-teman baso aci ini yang kita tahu bahwa penggemarnya sangat banyak, itu bisa terlihat dari pengunjung kami dari yang event pertama itu 2019 itu ada di sekitar 40 ribu pengunjung, dan di 2022 kemarin itu naik menjadi 70 ribu pengunjung selama 3 hari," ucapnya.



Ia berharap, kegiatan ini kedepannya dapat mengangkat kuliner dari Garut, sehingga para pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) di Kabupaten Garut Dalat terus didukung, dan disokong oleh pemerintah daerah maupun sponsor.

Terakhir, ia mengatakan bahwa pada tahun 2019, Festival Baso Aci menghadirkan 40 tenant, kemudian meningkat di tahun 2022 menjadi 50 tenant, dan meningkat lagi di tahun ini yaitu tahun 2023 sebanyak 60 tenant. Ia mengatakan, bahwa pelaku usaha yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini lebih dari 200, namun pihaknya melakukan seleksi dengan kategori legend, kategori hits, dan kategori new comers atau pendatang baru.

"Karena kita ingin menunjukkan bahwa ini adalah mereka yang terbaik yang hadir di sini, jadi ada 3 kategori yang lolos pak, ada di sini ada kategori legend, legend itu yang sudah dari tahun 78 itu sudah berjualan baso aci, terus juga ada yang kategori yang hits, yang hits itu yang mereka sangat terkenal, sudak dikenal di dunia maya dan yang lain-lain, kemudian kategori yang ketiga adalah kategori new comers atau pendatang baru, tapi dari segi rasa itu sangat bagus," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT