• Bahasa

Sekda Garut Tinjau Kondisi Perkotaan di Malam Takbir Hari Raya Idulfitri 1443 H

2 May 2022 Hanapi 149

GARUT, Garut Kota  - Pusat kota Kabupaten Garut, khususnya di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (1/5/2022), dipadati oleh warga yang mencari barang menjelang perayaan Idulfitri 1443 Hijriah. Suasana tersebut dipantau langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana

Di sela-sela kegiatan tersebut, Nurdin Yana mengungkapkan,  pihaknya tiap tahun khususnya di malam takbir hari raya Idulfitri, memang rutin melakukan giat malam di lokasi tersebut, guna mengurai massa agar Jalan Ahmad Yani ini bisa dibersihkan dan dirapihkan, sehingga memberikan kenyamanan pada saat hari raya Idulfitri.



Nurdin mengungkapkan, karena ruang atau space jalan yang seharusnya menjadi tempat melintas kendaraan, pada waktu tersebut digunakan para pedagang untuk menjajakan dagangannya.

"Sehingga hari ini kami melakukan gerakan agar pertama bahwa mereka sesegera mungkin (mengosongkan jalan), ada komitmen yang kita bangun dengan mereka, jadi mereka kita minta jam 9 itu udah off ya berdagang, sehingga kami ada ruang untuk menyelesaikan persoalan atau pembersihan-pembersihan katakanlah yang mereka pakai (untuk berjualan), khususnya jalan raya ini," ujar Sekda Garut.

Nurdin memaparkan, pihaknya menurunkan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, untuk membersihkan jalan yang lebih dikenal dengan nama Pengkolan ini.



Ia berharap para pedagang yang berjualan di Jalan Ahmad Yani bisa berpegang teguh terhadap komitmen yang telah disepakati, meskipun begitu Nurdin memaklumi keterlambatan para pedagang untuk tutup gerai, karena tingginya antusiasme masyarakat yang melihat maupun bertransaksi di Pengkolan tadi.

"Kami minta kepada mereka sudah afiliasi dengan teman-teman koordinatornya, agar segera diselesaikan, dan kami dari pasukan (Dinas) LH (akan) langsung membersihkan (jalan), sebelum LH bersih-bersih diawali dengan pemberitahuan oleh teman-teman Satpol PP dengan kepolisian, (kemudian) masuk teman-teman LH, dan endingnya adalah kita menggerakan teman-teman dari Disdamkar, untuk membersihkan jalan dari kotoran yang ada," ucapnya.



Selain mengecek kondisi yang ada di Jalan Ahmad Yani, imbuh Nurdin, pihaknya juga melakukan monitoring di beberapa lokasi lain seperti area maktal sampai jalan pembangunan, dan ia menilai bahwa antusiasme masyarakat untuk masuk ke wilayah perkotaan cukup tinggi.

"Kami melihat bagaimana situasi dan kondisi di perkotaan, mungkin itu tujuan mereka (datang ke pusat kota), tapi Alhamdulillah dengan kesigapan Pak Kapolres kita coba ada penyekatan, sehingga tidak terlalu banyak kendaraan yang masuk ke dalam (perkotaan)." tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT