• Bahasa

Surat Edaran Pj Bupati Garut Galakkan Gerakan Kebersihan Dan Ketertiban Di Wilayah Kabupaten Garut

12 Feb 2024 Hanapi 80

GARUT, Tarogong Kidul - Penjabat (Pj) Bupati Garut, Barnas Adjidin, mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor : 300/482/TAPEM pada tanggal 12 Februari 2024, yang menekankan pentingnya Gerakan Peningkatan Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3) di wilayah Kabupaten Garut.

Dalam SE tersebut, instansi vertikal, kepala perangkat daerah, pimpinan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Camat, Lurah, serta Kepala Desa diinstruksikan untuk aktif berpartisipasi dalam menciptakan ketertiban, kebersihan, dan kewilayahan di Kabupaten Garut.



Langkah-langkah konkret termasuk kegiatan kebersihan di lingkungan kantor setiap Jum'at minggu pertama setiap bulan, dengan larangan bagi Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk beroperasi di sekitar kantor. Selain itu, juga diinstruksikan mobilisasi yang melibatkan peran serta berbagai elemen masyarakat untuk melakukan kegiatan kebersihan wilayah.

Surat edaran ini juga memerintahkan penataan dan pemeliharaan jalan, jalur hijau, trotoar, serta sarana pendukungnya sesuai dengan kewenangannya. Diinstruksikan untuk tidak melakukan pembiaran terhadap tindakan perseorangan atau kelompok yang berpotensi mengurangi ketertiban, keindahan, dan daya dukung jalan, jalur hijau, dan atau trotoar beserta sarana dan prasarana penunjangnya terutama di lingkungan sekitar perkantoran masing-masing.



Pj. Bupati Garut juga mendorong seluruh Camat, Lurah, dan Kepala Desa untuk menggerakkan warga setempat, termasuk Ketua RW, Punduh, Kepala Dusun, dan Ketua RT, dalam kegiatan gotong-royong untuk menjaga kebersihan lingkungan, bahkan dengan penanaman tanaman hias.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT