• Bahasa

Tuntaskan Buta Aksara Melalui Gerakan Literasi Nasional

13 Nov 2019 Hanapi 1811

Peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 Tingkat Provinsi Jawa Barat akan dipusatkan di Alun-alun kabupaten Garut, yang berlangsung selama tiga hari mulai 13 - 15 November 2019.

Berbagai kegiatan akan dipamerkan diantaranya pameran produk unggulan Paud dan Dikmas, pemeran pindidikan dan kebudayaan, pentas seni tradisonal Jabar, defile 27 kabupaten/kota, aneka perlombaan, seminar dan workshop serta berbagai perlombaan lainnya.

"Kegiatan ini bertujuan  baahwa program pendidikan keaksaraan dapat memanfaatkan peluang dari keragaman budaya dan bahasa serta mensosialisasikan kebijakan program percepatan penuntasan buta aksara di Indonesia melalui gerakan Literasi Nasional," ungkap Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Garut, Totong, saat ditemui diruang kerjannya, Rabu (13/11/2019).

Ditambahkan Totong, semua tujuan itu berkaitan dengan tema yang kita angkat pada peringatan hari Aksara Internasional yang ke-54 tahun 2019 tingkat Jawa Barat, yaitu 'Ragam Budaya Lokal dan Literasi Masyarakat'.

Totong berharap, dengan adanya HAI tingkat Provinsi Jabar di kabupaten Garut, agar menjadi motivasi bagi penilik dan pimpinan lembaga pendidikan non formal untuk lebih semangat lagi dalam membina, mengelola dan memberikan pelayanan yang berkaitan dengan pendidikan non formal guna meningkatkan rata – rata Lama Sekolah (RLS) di kabupaten Garut.

Sementara itu, Bupati Garut H. Rudy Gunawan, menyambut baik adanya kegiatan HAI ke 54 tingkat provinsi Jabar yang diselenggarakan di kabupaten Garut.

”Saya menyambut baik kegiatan HAI ke 54 ini karena ini sangat mendasar dan penting, kita bisa menjadikan kabupaten Garut khususnya serta Jabar pada umumnya semua bebas dari buta huruf, semuanya melek dengan huruf – huruf yang akan bisa mencerdaskan anak – anak kita,” ucap Bupati Garut Rudy Gunawan.

Rudy berharap dengan gemar membaca, bercerita dan menulis bagi masyarakat kabupaten Garut, hal ini agar meningkatkan minat orang untuk terus belajar dan tentunya ini akan meningkatkan rata – rata lama sekolah di kabupaten Garut .

"Selamat atas pelaksanaan HAI tingkat provinsi Jabar ke 54, dan selamat datang kepada seluruh peserta yang datang ke kabupaten Garut, saya berharap HAI menjadi ikhtiar untuk mencerdaskan bangsa menuju generasi emas tahun 2045," pungkasnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT