• Bahasa

Wabup Garut Ajak Masyarakat Ikut Bersihkan Situ Bagendit

26 May 2023 Hanapi 389

GARUT, Banyuresmi - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman melakukan monitoring langsung pengerukan Situ Bagendit yang berlokasi di Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jum'at (26/5/2023).

Wabup Garut menyampaikan, pengerukan ini sudah dilaksanakan sejak hari Sabtu kemarin, sehingga kurang lebih satu setengah hektar Situ Bagendit sudah mulai bersih setelah dilakukan pengerukan selama 6 hari.

"Semuanya kan 50 hektar ini yang tertutup, nah dari 100 hektar lebih. Jadi 100 hektar Situ Bagendit ini setengahnya ini tertutup oleh eceng gondok dan teratai," ucap Wabup Garut.



dr. Helmi menerangkan, diperlukan waktu sekitar 150 hari untuk bisa membersihkan 50 hektar Situ Bagendit. Maka dari itu, Wabup Garut, mengimbau serta mengajak kepada masyarakat sekitar maupun pecinta lingkungan untuk dapat bersama-sama ikut membersihkan Situ Bagendit.

"Hari ini pun saya lihat tadi dari TNI Polri sudah turun, kemudian dari Tagana, dari PMI, Pramuka, sudah pada turun ke sini walaupun mungkin dari nelayan, masyarakat setempat di sini sudah pada turun," ucapnya.



Helmi menyampaikan, bahwa saat ini pengelolaan Situ Bagendit dilaksanakan dengan kerja sama antara pemerintah daerah dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung. Di mana, untuk airnya sendiri dikelola oleh BBWS Cimanuk Cisanggarung dan untuk objek wisata dikelola oleh pemerintah daerah.

"Jadi memang ini kolaborasi bagaimana mengelola Bagendit ini yang semua kita saksikan memang kita lihat eceng gondok setengahnya," ujarnya.



Wabup Garut menyatakan, pihaknya juga berencana untuk menjadikan sisa eceng gondok yang telah dikeruk akan diolah menjadi pukpuk kompos.

"Tadinya saya berpikir untuk kerajinan ya, tapi ternyata memang jenis ecengnya itu pendek-pendek ukurannya. Jadi kalau untuk kursi kan yang panjang-panjang gitu kan, oleh karena itu yang baru kita insha Allah kita lakukan itu nanti adalah dijadikan sebagai kompos aja," katanya.



Pihaknya akan terus melakukan upaya pembersihan Situ Bagendit, dengan membentuk satgas yang melibatkan semua komponen termasuk masyarakat.

"Makanya kita undang semua yang peduli terhadap Bagendit, terhadap lingkungan, ayo kita bareng-bareng lah, sama-sama," ajaknya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT