• Bahasa

Wabup Garut Berharap KKN-PPM STIE Yasa Anggana Bisa Maksimalkan Core Bisnis Daerahnya

10 Aug 2022 Hanapi 191

GARUT, Cilawu - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, berharap mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Tematik Tahun 2022 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yasa Anggana (STIE YA) bisa memaksimalkan core bisnis yamg dimiliki oleh Kabupaten Garut.

Hal ini disampaikan Wabup Garut ketika menghadiri acara Penerimaan Peserta KKN-PPM Tematik STIE YA, yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, Selasa (9/8/2022).

Menurut Wabup Garut, core  bisnis dari daerahnya adalah agro (atau) pertanian dan wisata.

"Jadi ada 2 yang menjadi core bisnis kita. Nah, oleh karena itu saya berharap para mahasiswa- mahasiswi kita, anak-anakku yang saya cintai (dan) banggakan ini, begitu masuk ke tempat ke lokasi berarti, (langsung berinisiatif) "oh ini kita kira kira mau berbisnis (dan) bantu apa?" Jadi mau bantu bisnis apa di masyarakat," ujarnya.



Ia memaparkan bahwa Kabupaten Garut memiliki banyak wisata, bahkan menurutnya hampir di semua kecamatan dan desa ada tempat wisata. Sehingga Wabup Garut menilai tidak ada yang tidak indah di daerahnya.

Wabup Garut juga menjelaskan bahwa daerahnya saat ini sedang dalam masa transisi, karena Kabupaten Garut baru keluar dari daerah tertinggal pada tahun 2014 silam. Sehingga ia menganggap dalam masa ini ada yang harus dihadapi, salah satunya yakni bagaimana meningkatkan sumber daya manusia (SDM) masyarakat Kabupaten Garut.

"Kebanyakan masyarakat itu tau "oh Garut itu hebat, Garut itu potensinya banyak, tambangnya ada, pertanian nya ada, kemudian juga lautnya kaya dan sebagainya," Pasti bisa bilang begitu. Kenapa? karena memang ciri masyarakat transisi itu ya itu biasanya tahunya sedikit tapi yang besar-besarnya, salah satu ciri yang lain yaitu tidak memahami bagaimana untuk mengelola potensi yang ada," jelasnya.



Wabup Garut berpesan agar mahasiswa bisa memberikan pembekalan kepada masyarakat terkait bagaimana cara me manage potensi-potensi yang ada.

"Jadi saya yakin, kita sudah belajar 3 tahun, kita dibekali dengan ilmu manajemen, kita dibekali dengan prinsip-prinsip manajemen yang harus dipahami oleh semua orang, kita berikan bagaimana kita me-manage tempat wisata, bagaimana kita me-manage pertanian yang ada di masyarakat kita," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) STIE YA, Deni Rustandi, menuturkan pihaknya menurunkan 14 dosen pembimbing lapangan dengan 5 asisten dosen lapangan dalam pelaksanaan KKN-PPM Tematik tahun ini.

Ia mengatakan pelaksanaan KKN-PPM kali ini bertepatan dengan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke - 77 Republik Indonesia (RI), sehingga ia berharap para peserta mampu mengisi gerbang kemerdakaan yang dulu dicanangkan oleh para pendiri negara dan para pendiri Bangsa Indonesia.



"Jadi mudah-mudahan rekan-rekan panitia dan rekan-rekan mahasiswa ini diterjunkan ke desa-desa ini mudah-mudahan selaras dan searah dengan apa tujuan dari pada yang namanya pembangunan nasional, selaras dan searah dengan cita-cita kemerdekaan bangsa dan negara ini," tutur Deni.

Pelaksanaan KKN-PPM Tematik Tahun 2022 STIE YA diikuti oleh kurang lebih 259 peserta, tersebar di 14 desa dari 5 kecamatan di Kabupaten Garut.

Para mahasiswa yang terbagi ke dalam 14 kelompok ini, akan mengabdikan diri di tengah-tengah masyarakat selama hampir kurang lebih 2 pekan lamanya.

Berikut beberapa lokasi KKN-PPM Tematik Tahun 2022 STIE YA :
1. Kecamatan Bayongbong
- Desa Cinisti
- Desa Cikedokan
2. Kecamatan Wanaraja
- Desa Wanamekar
- Desa Sindangmekar
3. Kecamatan Karangpawitan
- Desa Lengkongjaya
- Desa Godog
4. Kecamatan Cilawu
- Desa Dangiang
- Desa Mekarsari
- Desa Dayeuhmanggung
- Desa Sukamaju
- Desa Sukatani
- Desa Sukamurni
5. Kecamatan Sucinaraja
- Desa Linggamukti
- Desa Sukaratu

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT