• Bahasa

Wabup Garut Dampingi Wakapolri Cek Kesiapan GTC Limbangan Hadapi Arus Mudik Tahun Ini

25 Apr 2022 Hanapi 625

GARUT, Limbangan - Wabup Garut, dr. Helmi Budiman, menyatakan, pihaknya mendukung penuh persiapan Polres Garut dalam menghadapi arus mudik lebaran tahun ini.

"Ya kita men-support ya, dari mulai tenaga kita, dari mulai dinas-dinas kita kerahkan, kemudian relawan-relawan dari PMI, dari pramuka ya dari itu kita kerahkan juga jadi komandannya satu (yaitu) Pak Kapolres," ucapnya, saat mendampingi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Gatot Eddy Pramono, dalam kunjungan kerjanya ke Garut Trade Center (GTC) Limbangan yang berlokasi di Kecamatan Limbangan, Kabupaten Garut, Senin (25/4/2022). Kunjungan kerja ini  dalam rangka peninjauan kesiapan Pos Terpadu di GTC Limbangan dalam menghadapi momen mudik lebaran Idulfitri 1443 H.



Selain Wabup, turut mendampingi,  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda), Jawa Barat, Irjen Pol. Suntana, dan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono.

Helmi menuturkan, untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di sepanjang jalur mudik, pihaknya telah memperbaiki beberapa ruas jalan demi kenyamanan para pengguna jalan. Ia juga memaparkan, pihaknya memberikan kompensasi kepada kusir delman khususnya yang berada di jalur mudik agar tidak beroperasi selama momen mudik tahun ini.

"Terutama kalau jalan nasional alhamdulillah (bagus), ini paling kita di sini membantu agar tidak ada delman, ya kita bayar delman tidak beroperasi selama satu minggu," ujarnya.



Dalam konferensi pers di depan awak media, Gatot Eddy Pramono menyampaikan apresiasi terhadap persiapan yang sudah dilakukan oleh Polres Garut bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Garut menuju momen arus mudik, di mana telah dibangun beberapa pos di beberapa titik.

"Tadi Pak Kapolres bersama unsur Forkopimda sudah menyampaikan langkah-langkah antisipasinya, diantaranya dengan menyiapkan pos-pos pengamanan, pos-pos terpadu, pos-pos pelayanan, pos-pos gatur lalin daa satu lagi pos-pos wisata," ucapnya.



Ia menerangkan, Polres Garut juga telah membuat beberapa inovasi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) Mobile yang dapat membantu para pemudik jika kehabisan bensin di perjalanan.

"Jadi kalau ada mobil yang tiba-tiba berhenti karena kehabisan bensin sudah disiapkan BBM Mobile untuk menghampiri kendaraan itu diberikan bensin sehingga bisa jalan kembali," ungkapnya.



Tak hanya inovasi BBM Mobile, imbuhnya, inovasi lainnya pun telah disiapkan oleh Polres Garut yaitu berupa aplikasi Smart Polantas Polres Garut yang berisi informasi terbaru terkait situasi lalu lintas selama arus mudik berlangsung. Selain itu, banyak inovasi lainnya yang dipaparkan oleh Wakapolri, salah satunya yaitu Bengkel Mudik Darurat.

"Ini semua dilakukan secara bersama-sama saling bersinergi, berkolaborasi dengan Polri, TNI, pemerintah daerah, kejaksaan, kemudian juga ketua pengadilan, dan stakeholder lainnya," ujarnya.



Berdasarkan laporan dari Kapolres Garut bahwa kenaikan arus lalu lintas mulai meningkat sebanyak 20%, Komjen Gatot Eddy Pramono mengimbau kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik untuk melakukan vaksinasi, demi kenyamanan para pemudik agar terhindar dari penyebaran Covid-19.

"Kita berharap dan berdoa mudah-mudahan mudik tahun ini, yang sudah dua tahun tidak dilaksanakan bisa berlangsung dengan aman, nyaman, dan sehat," ungkapnya.



Di tempat yang sama, Kapolres Garut, AKBP Wirdhanto Hadicaksono. menyampaikan, untuk mengantisipasi bencana alam khususnya saat ini Kabupaten Garut masih memiliki curah hujan yang tinggi, pihaknya akan melakukan antisipasi agar tidak terjadi banjir ataupun tanah longsor di sepanjang arus mudik.

"Di beberapa titik di jalur Limbangan ini ada tiga (alat berat) dan kemudian termasuk nanti yang dari wilayah Cilawu kita siapkan," kata Kapolres Garut.



Selain itu, untuk mengatasi kemungkinan terjadi kemacetan, pihaknya akan menerapkan sistem one way. Kemudian, terkait inovasi BBM , imbuh Kapolres Garut, pihaknya telah bekerja sama dengan Pertamina di sepanjang jalur Limbangan - Malangbong untuk dapat membantu masyarakat ketika arus mudik.

"Nah oleh karena itu kami bekerja sama dengan pertamina karena dari jalur ini ada 4 SPBU untuk supaya memodifikasi sebuah motor kendaraan roda dua supaya nanti ditumpangi adanya jerigen jadi akhirnya di situ bisa membantu masyarakat apabila memang kehabisan bensin," tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT