• Bahasa

Wabup Garut Hadiri Acara Istigosah Kubro Kebangsaan Yang Diinisiasi Oleh Almagari

31 Mar 2022 Hanapi 135

GARUT, Tarogong Kidul – Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Istigosah Kubro Kebangsaan dengan tema “Menangkal Radikalisme dan Intoleransi Dalam Rangka Memperkuat Empat Pilar Kebangsaan” yang diselenggarakan oleh Aliansi Masyarakat Garut Anti Radikalisme dan Intoleransi (Almagari) di Halaman Sarana Olahraga (SOR) Ciateul, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Kamis (31/3/2022).

Dalam acara ini juga dilakukan Pengukuhan Pengurus Almagari oleh Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan serta Deklarasi Kembalinya Eks NII (Negara Islam Indonesia) kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang ditandai dengan penghormatan kepada bendera merah putih di depan para jamaah.



Wakil Bupati Garut menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi acara istigosah yang diinisiasi oleh Almagari ini, terlebih istigosah ini dilaksanakan menjelang bulan suci Ramadan. Selain itu, ia juga menyambut baik momentum deklarasi kembalinya para anggota Eks NII kepada pangkuan NKRI.

“Yang kedua tentu saya menyambut baik acara yang sangat betul-betul ini dirancang agar ini merupakan dakwah, dakwah kepada saudara-saudara kita yang sudah terlanjur (masuk NII) seperti saudara kita barisan pejuang patriot merah putih ya, mereka adalah mantan-mantan NII dan kembali kepada pangkuan NKRI,” kata Wabup Garut.



Menurut Helmi Budiman, seluruh kalangan masyarakat harus bersama-sama memperjuangkan keutuhan NKRI, sehingga nantinya tidak akan terpecah belah. Ia menuturkan, NKRI merupakan negara yang diperjuangkan oleh berbagai kalangan termasuk organisasi masyarakat (ormas) islam.

“Negara kita adalah negara, negara yang dipersiapkan, negara yang diperjuangkan oleh berbagai kalangan, baik kalangan umat beragama, dari kalangan ormas termasuk ormas islam semua berjuang dengan air mata dengan keringat bahkan dengan darah untuk satu negara yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.



Ia berterimakasih kepada Almagari yang sudah menjadi barisan terdepan yang memberantas tindakan radikalisme dan intoleran di Kabupaten Garut, demi menjaga keutuhan NKRI.

“Juga kepada seluruh komponen-komponen masyarakat termasuk juga terimakasih kepada barisan pejuang patriot merah putih yang sudah kembali kepada pangkuan NKRI,” ujarnya.



Sementara itu, Ketua Umum Almagari, K.H. Aceng Abdul Mujib, menyampaikan, acara istigosah ini merupakan suatu ikhtiar memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan Indonesia khususnya masyarakat Garut, dari paham radikalisme dan intoleransi. Ia juga menuturkan, dalam kesempatan ini pihaknya mengundang berbagai kalangan, salah satunya para ulama di beberapa pesantren yang ada di Kabupaten Garut.

“Kita semua undang para ulama yang ada dipesantren- pesantren yang ada di ormas pejabat tinggi negara TNI, Polri, sipil, DPRD kita undang semua, saya pikir karena ini adalah hajat bersama ini kewajiban bersama untuk menyelamatkan bangsa. Almagari konsentrasi bagaimana memerangi radikalrisme dan intoleran ini kan kewajiban bersama maka saya undang semuanya,” katanya.



Terkait deklarasi Eks NII, K.H. Aceng  Abdul Mujib menuturkan, ini merupakan salah satu kerja nyata Almagari untuk mengembalikan mereka yang sudah terpapar paham radikalisme, ke pangkuan NKRI.

“Alhamdulillah kita satu kebanggaan bahwa perjuangan kita tidak sia-sia, kita berjuang alhamdulillah bukan hanya sebatas harapan tapi ini kerja nyata mereka yang sudah terpapar tersesat di NII bisa kembali bergabung dengan kita bersama- sama di NKRI,” lanjutnya.



Ia berharap, melalui acara ini masyarakat bisa memahami terkait bahayanya paham radikalisme dan intoleransi atau paham NII yang dapat mengancam keutuhan bangsa dan keutuhan masyarakat beragama.

“Itu adalah cukup membahayakan mengancam keutuhan bangsa, mengancam keutuhan beragama, semuanya itu adalah menjadi ancaman, maka semuanya adalah berbuat untuk kepentingan negeri untuk keamanan bersama tidak hanya kita Almagari, tapi semuanya,” tandasnya.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT