• Bahasa

Wabup Garut Hadiri Pelantikan Pengurus DPC PAPPRI Garut Periode 2022-2027

28 Feb 2023 Hanapi 370

GARUT, Garut Kota - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri Pelantikan sekaligus Pengukuhan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Artis Penyanyi Pencipta lagu, dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kabupaten Garut Periode 2022-2027, di Gedung Pendopo Garut, Jalan Kabupaten, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Senin (27/2/2023).

DPC PAPPRI Kabupaten Garut yang diketuai oleh Diana Rubiana ini, dilantik dan dikukuhkan langsung oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PAPPRI Provinsi Jawa Barat, Rd. Gunawan Sumadikara, yang hadir secara langsung di Gedung Pendopo Garut.



Dalam sambutannya, Wabup Garut atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut, mengucapkan selamat kepada Ketua dan seluruh jajaran pengurus DPC PAPPRI Kabupaten Garut yang hari ini dilantik. Ia berharap kiprah seniman, musisi, artis, penyanyi, pencipta lagu dan pemusik, ini makin bersinar.

"Dan tentu bukan hanya itu, tetapi juga kita sudah masuk kedalam industri musik, yang tentu industri ini saya yakin ini akan kalau kita kelola dengan baik maka ini akan menghasilkan kemajuan dan sekaligus kesejahteraan daripada para artis tersebut, Aamin," ujar Wabup Garut.



Ia mengungkapkan bahwa seni adalah sebuah anugerah dan sesuatu yang mahal, karena jika tidak bisa sulit untuk dipaksakan.

"Jadi memang saya melihat kemampuan bernyanyi atau seni ini anugerah yang Allah berikan kepada kita yang harus kita syukuri, dan Pappri ini saya melihat ini adalah ada yang bisa dijadikan sebagai sarana alat untuk mensyukurinya Pappri ini, betapa tidak kan tadi bahwa dengan Pappri ini artis itu dibikin profesional, diprofesional kan ada sertifikasinya ya, kemudian juga ada standar bagaimana tadi profesinya juga ada standarnya, jadi dibuat profesi dan profesional," katanya.



Wabup Garut mengungkapkan bahwa Pemkab Garut akan mendukung keberadaan PAPPRI di Kabupaten Garut.

"Dan ini adalah langkah-langkah karena industri tanpa profesional takan berjalan, makanya disini langkah-langkahnya saya lihat ya ini sangat taktis, sangat Alhamdulillah ya sangat terbaca dan bisa diikuti, sehingga kalau ingin memajukan yang terkait dengan kesenian, seniman  musik dan lain sebagainya, memang Pappri inilah (salah satunya) yang harus dijalankan dengan baik dan tentu pemerintah akan mendukung," ungkap Wabup Garut.



Sementara itu, Ketua DPD PAPPRI Provinsi Jawa Barat, Rd. Gunawan Sumadikara, berharap dengan adanya Pelantikan DPC PAPPRI Kabupaten Garut, segala sesuatu yang berhubungan dengan seni musik yang ada di Kabupaten Garut bisa lebih berkembang.

"Selayaknya bapak ini adalah suatu prestasi yang tidak terduga di Kabupaten Garut, di mana PAPPRI Kabupaten Garut saya bangga bisa sehebat ini kang, saya pas menjadi ketua baru 3 kabupaten yang saya lantik, Alhamdulillah PAPPRI di kabupaten-kabupaten itu sangat-sangat pemerintah memberikan (dukungan)," tuturnya.



Ia menilai, pemerintahan di Kabupaten Garut sangat peduli terhadap hal yang berhubungan dengan seni, hal ini ditunjukan ketika dirinya menjadi juri dalam acara Vocal Group dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Garut ke-210.

"Mudah-mudahan bisa membuktikan, bisa membuktikan bahwa  Pappri di Kabupaten Garut bisa bersinergi dengan kepemerintahan yang ada," harapnya.



Di tempat yang sama, Ketua DPC PAPPRI Kabupaten Garut, Diana Rubiana, menyatakan rasa terima kasihnya kepada seluruh stakeholder dan DPD PAPPRI Jawa Barat, atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk memimpin DPC PAPPRI Kabupaten Garut. Terlebih, Jawa Barat adalah gudangnya musisi,  di mana dalam berbagai generasi selalu mewarnai belantika musik Indonesia.

"Tak terkecuali dari Kabupaten Garut kota sejuta talenta, yang sudah banyak melahirkan musisi berskala lokal, nasional,maupun internasional,"  ucapnya.



Namun hal tersebut juga, menjadi tantangan tersendiri bagi DPC PAPPRI Kabupaten Garut dan tanggung jawab bersama untuk menjaga, membentuk, dan mempertahankan serta meningkatkan ekosistem musik di Indonesia, khususnya di Kabupaten Garut.

"Jadi bukan hanya artis, penyanyi, pencipta lagu, dan pemusik, tapi industrinya juga perlu dikembangkan, supaya Indonesia bisa menjadi pemain kelas dunia, karena sesuai ajaran (dan) arahan dari pimpinan pusat maupun daerah, kita jangan sampai menjadi jago kandang di tingkat regional ataupun nasional, tapi harus bisa bersaing di kancah internasional," tandasnya.

Ia berharap ke depan Pemkab Garut bisa bersinergi dan berkolaborasi dengan DPC PAPPRI Kabupaten Garut dalam peningkatan ekosistem musik serta industri, dan juga terkait dengan perlindungan terhadap musisi.



www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT