• Bahasa

Wabup Garut Hadiri RAT KP-RI Sasakadana

24 Jan 2023 Hanapi 440

GARUT, Tarogong Kidul - Wakil Bupati Garut, dr. Helmi Budiman menghadiri acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) 2022 Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KP-RI) Sasakadana, bertempat di Gedung KP-RI Sasakadana, Jalan Patriot, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (24/1/2023).

Dalam sambutannya, Wabup Garut mengucapkan selamat atas pelaksanaan RAT oleh KP-RI Sasakadana. Ia mengungkapkan, adanya RAT ini merupakan upaya yang tidak hanya berkontribusi terhadap diri sendiri, namun juga bagi negara. Ia menyampaikan, saat ini pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut masih sangat rendah.

"Di samping kita merupakan daerah pertanian yang sangat sulit untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi karena pertanian ini kan uang berputarnya lambat," ucapnya. Untuk itu ia menegaskan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut merupakan kewajiban bersama.



Sementara itu, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Garut, Tendy Kusmayadi menyampaikan, di awal tahun ini pihaknya memiliki kewajiban untuk menyelenggarakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) untuk membuat program kerja yang bisa membantu kegiatan koperasi primer yang ada di Kabupaten Garut, salah satunya yaitu KP-RI Sasakadana.

"Yang kedua juga kami melaporkan kegiatan yang kami lakukan selama tahun 2022 kepada anggota koperasi selaku pemilik Dekopinda Di Kabupaten Garut tersebut," ucapnya.



Ia memaparkan, anggota koperasi di Dekopinda Kabupaten Garut saat ini mencapai jumlah hampir 160 koperasi primer, di mana rata-rata satu kecamatan terdapat koperasi primer.

"Tapi koperasi-koperasi juga sebetulnya lebih banyak dari itu, cuman mereka belum sepenuhnya menjadi anggota Dekopinda karena ada yang udah berbadan hukum dan yang belum," ucapnya.



Tendy mengatakan, Koperasi Primer Sasakadana ini merupakan salah satu anggota Dekopinda. Ia mengungkapkan, dalam kesempatan ini pihaknya memenuhi undangan sekaligus memberikan arahan, masukan, dan motivasi terhadap pelaksanaan RAT.

"Karena di bulan Januari hingga Maret ini lah kewajiban koperasi primer untuk mengadakan RAT, Rapat Anggota Tahunan sebagai kekuasaan tertinggi daripada koperasi ini ya.



Ia berharap, koperasi-koperasi di Kabupaten Garut bisa tumbuh dan bisa meningkatkan perekonomian, baik ekonomi anggotanya maupun ekonomi masyarakat Garut. Selain itu, ia juga berharap dengan adanya koperasi, para anggota dapat menyekolahkan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggi.

"Sehingga dengan adanya pertemuan ekonomi lewat koperasi ini juga membantu Pemerintah Kabupaten Garut untuk mendongkrak indeks pembangunan Manusia Kabupaten Garut," tandasnya.

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT