• Bahasa

Wabup Garut Hadiri Seminar Pertanian Presisi

21 Feb 2023 Hanapi 475

GARUT, Tarogong Kidul - Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, menghadiri acara Seminar Pertanian Presisi yang dilaksanakan di Kantor Desa Kersamenak, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa (21/2/2023).

Seminar pertanian presisi ini sendiri merupakan Program Baktiku Negeriku yang digagas oleh Telkomsel, dalam rangka menyukseskan program pemerintah khususnya dalam pemberdayaan masyarakat, literasi digital petani, dan peningkatan produktivitas hasil tani.



Wabup Garut mengatakan, dalam kegiatan ini ada demplot di Desa Kersamenak yang dijadikan pilot project untuk penanaman beras jenis Japonica, di mana beras jenis ini memiliki harga premium, namun penanamannya tidak jauh berbeda dengan menanam padi yang ada di Kabupaten Garut.

"Jadi jenis Japonica ini adalah jenis beras Jepang yang dikembangkan di Indonesia, dari sisi harga juga ini harga premium, kemudian juga dari sisi penanamannya tidak jauh berbeda dengan menanam padi jenis yang ada di kita, kemudian juga dibantu oleh teknologi digital agar menghasilkan hasil pertanian yang optimal, yang maksimal, kemudian juga kualitas dan harganya juga di atas rata-rata," ujar Wabup Garut.



Ia berharap pilot project demplot penanaman beras Japonica yang sedang dilakukan di Desa Kersamenak ini, bisa dikembangkan dan direplikasi di Kabupaten Garut.

"Karena sekali lagi nilai ekonominya sangat tinggi, dan ini mudah-mudahan jadi solusi buat para petani kita untuk mendapatkan hasil panen yang banyak, berkualitas, dan tentu dengan harga yang sangat baik, sehingga menghasilkan kesejahteraan daripada para petani kita," tandasnya.



Dalam kesempatan ini, Wabup Garut didampingi GM CSR Telkomsel, Andry Priyo Santoso, meresmikan Digital Center yang berlokasi di Kantor Desa Kersamenak.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT