• Bahasa

Wabup Garut Instruksikan Sekolah Agar Siswanya Tidak Jajan di Pinggir Jalan

24 Aug 2022 Hanapi 459

GARUT, Tarogong Kidul - Kejadian nahas menimpa beberapa siswa SDN 1 Mandalasari yang sedang asik jajan di depan SD-nya.  Beberapa siswa tadi tertabrak oleh sebuah angkot pedesaan, dan akibat kejadian ini satu orang siswi dikabarkan meninggal dunia.

Atas kejadian tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Garut, dr. Helmi Budiman, menginstruksikan setiap sekolah agar para siswanya tidak melakukan aktivitas di pinggir jalan termasuk untuk jajan.

"Saya nanti operasilah, dari dinas ada Pak Kabid ini, semua didata dan semua diberikan instruksi kepada sekolah-sekolah untuk tidak membiarkan anak-anak jajan ataupun ada aktivitas yang di pinggir jalan," ujar Wabup Garut di hadapan awak media seusai menengok para penyintas kecelakaan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Selasa malam (23/8/2022).



Ia mengungkapkan musibah seperti ini harus dijadikan sebuah pelajaran, dan jangan sampai terulang lagi di masa yang akan datang. Apalagi, ia menilai hampir semua penyintas kecelakaan mengalami kritis.

"Yang jelas kita harus ambil pelajaran, pertama ini jangan terulang lagi, dinas harus mempunyai data sekolah-sekolah yang ada di pinggir jalan, jangan sampai ada jajan masuk ke wilayah jalan, jadi saya minta nanti sekolah itu harus menyiapkan kantin, bisa kerja sama dengan pedagang-pedagang itu yang ada (di luar untuk) masuk ke dalam," ungkapnya.



Wabup memaparkan, pihak SDN 1 Mandalasari sudah mengupayakan pengaman di sekitar sekolah, dengan menyediakan zebra cross, hingga cone jalan.

"Tapi kan kadang-kadang dalam keadaan yang tidak biasa gitu ya, kadang-kadang kan ada pengemudi yang katakanlah entah ngantuk atau apalah gitu, nah makanya ini harus dicegah jangan sampai terjadi lagi," papar dr. Helmi.

Kedatangan Wabup Garut ke RSUD dr. Slamet juga, selain menengok secara langsung penyintas kecelakaan, juga sebagai wujud belasungkawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut terhadap keluarga atas meninggalnya salah seorang siswi, ia juga memohon doa kepada masyarakat agar siswa lain yang menjadi korban bisa cepat sembuh dan keluar dari kritisnya.



"Dan kita tangani maksimal, kita tangani secara maksimal, saya sudah tadi ketemu sama dokternya, ketemu sama perawat, insya Allah ya mereka sangat sigap bagaimana caranya agar ini betul-betul bisa tertolong," tandasnya.

Berdasarkan laporan sementara, kecelakaan ini mengakibatkan seorang siswi meninggal dunia dan 6 orang lainnya mengalami luka-luka dan harus mendapatkan perawatan lebih lanjut oleh tim medis.


www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
[email protected]
[email protected]
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT