• Bahasa

Wakil Bupati Garut Hadiri Pengukuhan Gugus Darma Kiansantang

15 Dec 2019 Hanapi 1865

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Garut mengukuhkan Gugus Darma “Kiansantang” di area Camping Ground Kawasan Gedung Bela Negara, jalan Cipanas Baru Garut, Sabtu (14/12/2019).

Pengukuhan dilakukan langsung oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut Ahmad Bajuri, dengan dihadiri Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman yang juga Mabicab Kabupaten Garut, para tokoh pramuka kabupaten Garut, Purwakarta, Tasikmalaya dan kabupeten Bandung, serta para sesepuh perwakilan ormas Gugus Depan, Sako dan Saka Kabupaten Garut.

Dalam sambutanya Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Garut Ahmad Bajuri mengatakan, menyambut baik serta mendukung pembentukan gugus darma Kiansantang, dan berharap gugus darma Kiansantang menjadi kekuatan tambahan dalam mengembangkan gerakan pramuka di Kabupaten Garut.



“Kita ketahui gerakan pramuka secara struktural dengan nama gugus depan atau saka. Tetapi aktivis pramuka yang diluar struktural memungkinkan untuk menjadi gugus darma. Mudah mudahan ada pelatihan gabungan saka, sako dan gugus darma dikemudian hari. Ke depan ada orientasi untuk para Mabi dalam rangka penguatan gugus depan,” katanya

Dia menyebut, pramuka Garut saat ini mempunyai tim SAR yang sudah terbentuk sampai tingkat kecamatan. “Mudah-mudahan beberapa saat lagi terbentuk saka baru yaitu saka Amal Bakti bekerjasama dengan Kementerian Agama,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman sekaligus Mabicab Kabupaten Garut mengatakan, gerakan Pramuka harus menjadi pelopor pembangun karakter anak-anak.



“Sebagai apapun kita pasti tidak terlepas dari karakter yang dibentuk semenjak anak-anak. Maka setelah dewasa kita mengemban amanah untuk mendidik karakter bangsa kita dan anak-anak kita,” katanya.

Dia berharap gugus depan Kiansantang harus berorientasi pada pembentukan karakter masyarakat kabupaten Garut.

“Mewakili masyarakat Garut, saya berterima kasih kepada pramuka yang telah membentuk karakter dan menjadi pelopor pembangunan masyarakat kabupaten Garut,” imbuhnya.



Sementara, Ketua Gugus Darma Kiansantang yang baru saja dilantik, kak Ube panggilan akrab U. Basuki Eko menyebutkan, pembentukan gugus darma Kiansantang ini telah lama direncanakan oleh tokoh-tokoh senior pramuka Garut.

“Ini merupakan bagian pengobat rindu kami untuk berkumpul dan beraktivitas ke Pramukaan. Sengaja kami menamakan gugus darma ini dengan nama Kiansantang sebagai ciri identitas kabupaten Garut,” paparnya.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT