• Bahasa

Wakil Bupati Garut : Wujudkan Pilkades Bermartabat dan Nontransaksional

30 Oct 2019 Hanapi 1415

Pemerintah kabupaten Garut akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 5 November 2019 mendatang. Ada 495 calon Kepala Desa (Kades) dari 125 desa yang akan menyelenggarakan Pilkades di Kabupaten Garut.

Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman mengingatkan para calon kepala desa memahami regulasi yang sudah ditetapkan, dan berkomitmen tidak melakukan jual beli suara dalam Pilkades Serentak nanti.

"Kami ingatkan kepada calon kades untuk memahami regulasi yang sudah ditetapkan. Yang paling penting berkomitmen, tidak ada jual beli suara dalam kontestasi Pilkades Serentak 2019. Semua calon harus sepakat dan ikhtiar mewujudkan tatanan pilkades yang bermartabat dan nontransaksional,” kata Helmi, Rabu (30/10/2019).

Helmi menambahkan, seorang kades hendaknya paham tugas dan wewenang Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 dan pasal-pasal yang ada didalamnya seperti pasal 23 dan pasal 25 serta pasal 26 ayat 1 tentang tugas tugas yang harus dilakukan oleh seorang kepala desa.

"Banyak hal yang harus di perhatikan oleh calon kepala desa yang terpilih nanti seperti melakukan inovasi program-program desa, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepala desa terpilih juga harus melakukan door to door untuk menyerap aspirasi warganya, bila perlu agendakan setiap pertemuan ke tingkat RW seminggu sekali," cetusnya.

Helmi juga mengingatkan, kades juga jangan anti kritik, sebagai seorang pimpinan hendaknya dapat menerima kritik dan saran dari masyarakatnya. Keberhasilan kepemimpinannya kearah suatu keberhasilan desa akan bergantung kepada kepala desa yang terpilih nanti.

"Saya berharap keamanan dan ketentraman di desa dijaga agar tetap kondusif,” pungkas Wakil Bupati Garut.

Sumber: Humas Diskominfo Garut

www.garutkab.go.id

Dikelola oleh :
Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Garut
Jl. Pembangunan No. 181, Garut, 44151
Provinsi Jawa Barat

+62 262 4895000
diskominfo@garutkab.go.id
diskominfo@garutkab.go.id
DiskominfoGRT
DiskominfoGRT